Raja Ampat: Destinasi Wisata Adventure di Tanah Papua

Raja Ampat: Destinasi Wisata Adventure di Tanah Papua

Raja Ampat Destnasi Wisata Adventure di Tanah Papua--Foto : Instagram@misooltrip

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Raja Ampat adalah sebuah kota di negara bagian Papua Barat. Untuk menuju pulau ini, Anda harus menginjakkan kaki terlebih dahulu di sebuah kota bernama Sorong.

Tentu saja banyak wisatawan yang menggunakan pesawat terbang untuk menuju kota ini. Setelah sampai di kota Sorong, Anda bisa naik speedboat yang berangkat dua kali sehari menuju Waisai, ibu kota provinsi Raja Ampat. 

Perjalanan dari Pelabuhan Sorong menuju Pelabuhan Waisai Raja Ampat memakan waktu 2-3 jam. Secara umum Raja Ampat merupakan pulau yang terdiri dari banyak pulau karang yang tersebar di wilayahnya. Namun Raja Ampat memiliki empat pulau dan pulau utama: Pulau Waigeo, Pulau Batanta, Pulau Salawati, dan Pulau Misool. 

Keempat pulau utama inilah yang menjadi titik awal persebaran seluruh penduduk Raja Ampat yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Dianggap sebagai salah satu dari 10 samudra terpenting di dunia, perairan menjadi daya tarik utama Raja Ampat. 

BACA JUGA:6 Rekomendasi Wisata Raja Ampat yang Instagramable

Hal ini didasarkan pada penelitian ekstensif terhadap flora, fauna dan lingkungan laut Raja Ampat.Perairan Raja Ampat mengandung 75% biota laut dunia, menurut laporan lembaga konservasi internasional.

Padahal, luas laut dan daratan Raja Ampat seluas 4,6 juta hektar merupakan rumah bagi 540 spesies karang, 1.511 spesies ikan, dan ribuan spesies biota laut. Maka dengan kelebihannya tersebut, tak heran jika Raja Ampat disebut sebagai surga bawah tanah terindah di dunia.

Raja Ampat tidak hanya kaya akan lingkungan bawah lautnya, banyak juga hal menarik dari permukaan laut di Raja Ampat. Pulau Raja Ampat mempunyai banyak pantai yang indah. Secara umum pantai ini berpasir putih, halus, hampir seperti tepung. Selain itu, Raja Ampat memiliki beberapa pulau yang membentuk rangkaian tebing tinggi. 

Faktanya, beberapa tempat seperti Piaynemo, Teluk Kabui dan Wayag sudah terkenal di seluruh dunia sebelum pulau ini menjadi terkenal. Hutan hujannya juga bagus.

BACA JUGA:Papeda, Kelezatan Kuliner Khas Papua, Indonesia


Kisah Sejarah Leganda Raja Ampat --Foto : - Instagram@misooltrip

 

Banyak juga tempat yang menawarkan pengalaman tak terlupakan menyaksikan burung cendrawasih di dekatnya, seperti desa Sawinggrai atau Saporkrein. Seperti yang kita ketahui, burung cendrawasih atau dikenal juga dengan nama burung cendrawasih merupakan salah satu burung langka dan cantik yang berasal dari Papua.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber