Mobil RWD masih Ramai Peminat, Kok Bisa ? Ini Penjelasan Yang Masuk Akal

Mobil RWD masih Ramai Peminat, Kok Bisa ? Ini Penjelasan Yang Masuk Akal

Mobil RWD masih Ramai Peminat, Kok Bisa ? Ini Penjelasan Yang Masuk Akal--youtube/@rodajalanan.

PALEMBANG,, PALTV.CO.ID,-  Apakah anda pernah mendengar tentang mobil berjenis RWD di Indonesia? Mungkin bagi Anda yang tidak begitu tertarik pada dunia otomotif, kemungkinan besar belum pernah mendengar istilah ini.

RWD atau singkatan dari Rear Wheel Drive merupakan salah satu jenis sistem penggerak roda mobil yang dikenal.

Sampai saat ini, ada empat sistem penggerak roda mobil yang sering dikenal yaitu Front Wheel Drive (FWD), Rear Wheel Drive (RWD), Four Wheel Drive (4WD), dan juga All Wheel Drive (AWD).

Di antara semua sistem penggerak tersebut, sistem penggerak RWD menjadi favorit di kalangan banyak pecinta otomotif. Meskipun banyak sistem penggerak baru bermunculan, namun RWD masih mendominasi mobil-mobil di Indonesia. Sistem penggerak RWD bekerja dengan cara mentransfer tenaga dari mesin mobil ke roda belakang.

BACA JUGA:Fantastis, BMW XM Di Atas Langit Masih Ada Langit: Mobil Listrik Mewah yang Tidak Biasa

Hal yang sering jadi pertanyaan ialah apa bedanya RWD sebagai jenis sistem penggerak roda mobil dari belakang dengan FWD sebagai jenis sistem penggerak roda mobil bagian depan.

Perbedaan Mobil Penggerak Roda Belakang (RWD) dan Penggerak Roda Depan (FWD)

1. Letak Sistem Penggerak

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sistem kerja RWD terfokus pada dua roda di bagian belakang. Sistem penggerak ini dapat dikombinasikan dengan mesin yang ditempatkan di bagian depan, tengah, atau belakang.

BACA JUGA:Inilah 7 Contoh Platform E-learning yang Banyak Digunakan Dalam Melakukan Pembelajaran Secara Online!

Setiap kombinasi mesin dan sistem penggerak ini memiliki karakteristik pengendalian yang berbeda-beda. Sementara itu, sistem penggerak mobil depan (FWD) terfokus pada dua roda di bagian depan. 

Mobil dengan mesin di bagian depan dan sistem penggerak FWD sering disebut dengan kode FF, yang singkatan dari Front Engine. Jenis mobil yang menggunakan sistem penggerak ini sangat umum, terutama pada mobil SUV dan MPV.

2. Dari Sisi Ruang Kabin Mobil

Perbedaan selanjutnya antara RWD dan FWD dapat diamati dari dimensi ruang kabin masing-masing kendaraan. Mobil dengan sistem FWD menawarkan ruang kabin yang luas, menjadikannya pilihan yang sesuai untuk mobil keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber