Piala AFF 2022: Sempat Juara Grup A, Indonesia Ditelikung Thailand Usai Filipina Takluk

Piala AFF 2022: Sempat Juara Grup A, Indonesia Ditelikung Thailand Usai Filipina Takluk

Pemain Timnas Indonesia Jakob Sayuri.-Tangkapan layar twitter.com/@PSSI-

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Dua gol di babak pertama dan lima gol di babak kedua, mengantar kemenangan Timnas Indonesia atas Brunei Darussalam, dalam laga kedua Grup A AFF Mitsubishi Electric Cup 2022 di Stadion KLFA di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (26/12/2022) sore.

Kemenangan telak 0-7 tersebut merupakan kemenangan kedua Timnas Indonesia setelah sebelumnya menundukkan Kamboja dengan skor tipis 2-1, pada laga pertama di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, pada Jum’at 23 Desember 2022.

Dengan kemenangan ini, Indonesia meraih 6 poin di ajang Piala AFF 2022. Indonesia sempat memuncaki klasemen Grup A, namun akhirnya turun ke peringkat kedua setelah Thailand berhasil menumbangkan Filipina 4-0. Meski sama-sama mengoleksi 6 poin, namun Indonesia hanya mengoleksi 8 gol dan Thailand mengoleksi 9 gol.

Keputusan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong merotasi pemain berbuah indah dan kemenangan fantastis. Tiga pemain yang duduk di bangku cadangan saat melawan Kamboja, diturunkan sejak babak pertama dimulai. Duet Hansamu Yama dan Rizki Ridho mampu membentengi jantung pertahanan Indonesia.

BACA JUGA:Grup A Piala AFF 2022: Shin Tae-yong Rotasi Pemain Timnas Indonesia Hadapi Brunei Darussalam

Peran playmaker yang pada laga sebelumnya dilakoni Marc Anthoni Klok, pada laga kali ini dimainkan oleh Syahrian Abimanyu yang juga bermain bagus.

Shin Tae-yong sengaja pada laga melawan Brunei ini tidak memainkan Pratama Arhan, Jordi Amat, Fachruddin Wahyudi, Marselino, dan Ricky Kambuaya. Bahkan saat Brunei bermain dengan 10 orang karena terkena kartu merah, Shin Tae-yong baru menurunkan Klok dan Witan Sulaeman.

Tujuh gol Indonesia dalam pertandingan itu dilesakkan oleh Abimanyu 20’, Dendi Sulistyawan 41’, Egi Maulana Vikri 59’, Ilja Spasojevic 60’, Sananta 68’, Klok 86’, dan Sayuri 90+2’.

Sementara itu, pemain Timnas Indonesia bernomor punggung 2 Yakob Sayuri, berhasil menggondol predikat ‘Man of the Match’ usai mencetak 1 gol dan 2 assist.

BACA JUGA:Turnamen PTM Kemiling, Turnamen Desa Level Kabupaten

Timnas Indonesia pulang ke Jakarta pada Selasa, 27 Desember 2022 untuk persiapan menghadapi laga kandang melawan Thailand, yang akan berlangsung di SGUBK pada hari Kamis, 29 Desember 2022. Agar pemain dapat lebih bugar, lebih rileks, dan efisiensi waktu, Timnas Indonesia terbang ke Jakarta dengan menggunakan pesawat carteran, sama seperti ketika terbang ke Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketua Umum PSSI Mochammad Iriawan yang menonton langsung pertandingan di stadion mengatakan, permainan Timnas Indonesia terus membaik walau ada beberapa pemain yang dirotasi. Iriawan berharap pemain bermain bagus dan semangat harus terus dipertahankan saat melawan Thailand (29/12/2022) dan melawan Filipina (2/1/2023).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pesanrakyat.id