Hujan Hingga Malam, Kawasan Jarai Lahat Terendam 6 Desa Terdampak

Hujan Hingga Malam, Kawasan Jarai Lahat Terendam 6 Desa Terdampak

Banjir di Jarai Lahat Terendam 6 Desa Terdampak--Foto : PALTV - Firman Hidayat

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Hujan Deras di kawasan kota Pagaralam dan Jarai area Kabupaten Lahat, sejak Jumat malam (26/1). Menyebabkan pemukiman warga terdampak banjir.

Dalam laporan warga tersebut, hingga pukul 08.00 WIB, Sabtu (27/1). Debit air masih naik dan merendam puluhan rumah warga di Kecamatan Pajar Bulan dan Kecamatan Jarai. Tinggi air memasuki rumah warga 1 meter.

"Ya anggota BPBD Lahat sedang meluncur ke lokasi kejadian. Hujan deras sejak jumat malam mengakibatkan sungai meluap dan masuk ke rumah warga," ungkap Kalakhar BPBD Lahat H Ali Afandi, Sabtu (27/1)

Lanjutnya, untuk data sementara ada lima desa. Yakni Kecamatan Jarai banjir di Desa Pelajaran, Desa Nanti Giri, Desa Pama Salak. Lalu Kecamatan Pajar Bulan banjir di Desa Gelung Sakti, Benua Raja dan Ulak Bandung.

BACA JUGA:Ombudsman Sumsel Soroti 4 Daerah yang Masuk Zona Kuning Pelayanan Publik

Pihaknya juga menghimbau, agar daerah ilir tetap waspada terutama mengarah ke Sungai Lematang dan kecamatan yang dilaluinya hingga ke kota Lahat.

"Diperkirakan kiriman banjir  bisa sampai ke Lahat. Mohon kepada camat, kiranya bisa menginfokan kepada masyarakat yang tinggal dan aktifitas di bantaran Sungai Lematang,  untuk waspada terhadap kemungkinan naiknya debit Sungai Lematang," sampainya.

Sementara Kapolres Lahat AKBP God Parlasro Sinaga melalui Kasubsi Penmas Polres Lahat Aiptu Lispono menjelaskan. Bahwa selain rumah, banjir juga merendma kebun dan sawah warga.

Saat ini anggota masih di lapangan, guna melakukan pencegahan dan penanganan dampak bencana bersana pihak terkait lainnya.

BACA JUGA:Aisyah Bocah Hanyut Saat Banjir di Musi Banyuasin Ditemukan Tim SAR Gabungan Sudah Meninggal Dunia


Petugas Polisi membantu Proses Evakualsi Banjir--Foto : Firman Hidayat - PALTV

"Untuk sementara bahwa akibat curah hujan yang tinggi semalaman. Maka luapan air sungai Lintang masuk ke rumah warga di desa Pelajaran dan desa Nanti Giri kec dan sekitarnya," ungkapnya.

Sementara Dandim 0405 Lahat Letkol Inf Asis Kamaruddin menegaskan. Bahwa pihaknya saat berada di lokasi banjir. Pihaknya juga telah memerintahkan pihak Koramil 405-08/Jarai agar segera mengecek dan memastikan keamanan setiap warga di wilayah hukumnya.

“Prajurit kita sudah ke tempat bencana banjir tersebut. Saya informasikan agar memantau setiap potensi dan memastikan keamanan warga,” ujar Letkol Inf Asis Kamaruddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.disway