Prestasi Gemilang Malaysia di Piala Asia 2023: Kim Pan-gon Pulang dengan Kepala Tegak

Prestasi Gemilang Malaysia di Piala Asia 2023: Kim Pan-gon Pulang dengan Kepala Tegak

Prestasi Gemilang Malaysia di Piala Asia 2023: Kim Pan-gon Pulang dengan Kepala Tegak--instagram.com/shintaeyong7777

PALEMBANG, PALTV.CO.ID,- Kim Pan-gon, pelatih Malaysia, berhasil menutup perjalanan timnya di Piala Asia 2023 dengan hasil yang membanggakan. Meskipun Harimau Malaya sudah dipastikan tersingkir, Kim Pan-gon membawa pulang satu poin usai menahan imbang Korea Selatan 3-3 di Al Janoub Stadium pada Kamis (25/1/2024) malam WIB.

Sebelumnya, Malaysia harus menelan kekalahan telak 4-0 dari Yordania dan kalah tipis 1-0 dari Bahrain. 

Sehingga, satu poin yang diperoleh melawan Korea Selatan menjadi pencapaian memuaskan, terutama mengingat Malaysia berstatus sebagai juru kunci grup E.

Menahan imbang Korea Selatan, yang notabene menjadi favorit juara Piala Asia 2023, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Kim Pan-gon. Laga sepak bola ini memberikan pengalaman yang tercatat sebagai yang paling seru bagi Malaysia.

BACA JUGA:Kwetiaw ala Chinese: Mengungkap Rahasia Resep dan Tutorial Memasak Lezat

Dalam kondisi yang dianggap sulit dan tanpa prediksi untuk mencuri angka dari Son Heung-min cs, Kim Pan-gon mengapresiasi kerja keras pemainnya.

Korea Selatan unggul lebih dulu dengan gol Jeong Woo-yeong pada menit ke-21. Namun, Malaysia mampu menyamakan kedudukan lewat sontekan Faisal Halim pada babak kedua (51').

Bahkan, Harimau Malaya berhasil membalikkan kedudukan melalui eksekusi penalti Arif Aiman Hanapi di menit ke-62'.

Meski Taeguk Warriors sempat melesakkan dua gol beruntun melalui own goal Syihan Hazmi (83') dan eksekusi penalti Son Heung-min (90+4'), Malaysia tak mau menyerah. Striker naturalisasi Malaysia, Romel Morales, mencetak gol pada menit ke-90+15', meraih satu poin yang membawa kepala Kim Pan-gon tegak.

BACA JUGA:12 Mobil Mewah yang Pernah Menjajal Jalanan di Indonesia

Kim Pan-gon, melalui komentarnya, memberikan jawaban kepada kritik yang ditujukan kepadanya setelah dua kekalahan sebelumnya.

Ia menegaskan bahwa pertandingan melawan Korea Selatan adalah penampilan luar biasa dan menjawab keraguan.

Dengan hasil ini, Timnas Malaysia naik empat peringkat dalam peringkat FIFA, memperoleh tambahan 12.30 poin. Saat ini, mereka berada di peringkat ke-132 FIFA dengan total 1110.08 poin.

Meskipun tersingkir dari Piala Asia 2023, Kim Pan-gon dan Harimau Malaya meninggalkan jejak yang membanggakan, terutama dengan perolehan satu poin dari laga melawan Korea Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber