Fiter Udara Pada Sepeda Motor Dalam Kondisi Kotor? Inilah 5 Tanda Komponen Tersebut Perlu Diganti!

Fiter Udara Pada Sepeda Motor Dalam Kondisi Kotor? Inilah 5 Tanda Komponen Tersebut Perlu Diganti!

Fiter Udara Pada Sepeda Motor Dalam Kondisi Kotor? Inilah 5 Tanda Komponen Tersebut Perlu Diganti!--Foto instagram/@1shopbikerss_pnk

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Filter udara yang terdapat pada sepeda motor merupakan komponen yang terkadang terabaikan dari perhatian meskipun kondisinya sudah sangat kotor.

Padahal komponen ini mempunyai fungsi untuk dapat menyaring udara yang akan masuk ke throttle body atau karburator.

Dengan begitu, maka udara yang masuk ke dalam ruang bakar kualitasnya dapat terbebas dari debu. Terdapat tiga jenis bahan yang umumnya digunakan sebagai filter udara diantaranya yakni Urethane Foam (Busa), Dry Paper (bahan dasar sejenis dengan kertas), dan Viscous Paper Element (bahan dasar sejenis kertas yang dilapisi oleh oli).

Untuk bahan Viscous Paper Element ini merupakan bahan yang paling sering digunakan sebagai filter udara bawaan dari berbagai produsen sepeda motor keluaran terbaru.

BACA JUGA:Smartphone Samsung 1 TB Hanya 20 Jutaan? Inilah Samsung Galaxy S24 Ultra Beserta Kelebihan yang Dimiliknya!

Keunggulan dari filter udara jenis Viscous Paper Element ini yaitu dilapisi oleh oli yang mampu untuk menyaring udara menjadi lebih bersih dan menangkap debu dari udara luar.

Perlu diketahui juga bahwa kondisi filter udara pada sepeda motor yang telah lama digunakan tentunya akan kotor dan membuat debunya menjadi semakin menumpuk.

Oleh karena itu, selain komponen filter udara ini perlu untuk dibersihkan namun juga perlu untuk dilakukan penggantian secara berkala.

Jika hal ini terus dibiarkan, maka asupan udara yang menuju ke mesin akan terus berkurang akibat filter udara yang telah terlalu mampet.


Fiter Udara Pada Sepeda Motor Dalam Kondisi Kotor? Inilah 5 Tanda Komponen Tersebut Perlu Diganti!--foto youtube/@rumputteki

Usia pakai dari komponen filter udara pada sebuah sepeda motor umumnya berada pada kisaran 16.000 km.

Filter udara ini juga dirancang dengan cukup efektif agar dapat berfungsi secara maksimal, oleh karena itu konstruksi yang dibuat memang didesain untuk sekali pakai.

Alasannya yaitu karena material tersebut telah terakumulasi dengan debu dan kotoran yang menempel pada sepeda motor.

Berikut ini adalah beberapa tanda dari komponen filter udara pada motor yang telah kotor dan mungkin perlu diganti karena dapat menghambat kinerja dari sepeda motor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber