Inilah 4 Tanda Dari Oli Gardan Pada Motor Matic Telah Habis dan Perlu Untuk Diganti!

Inilah 4 Tanda Dari Oli Gardan Pada Motor Matic Telah Habis dan Perlu Untuk Diganti!

Inilah 4 Tanda Dari Oli Gardan Pada Motor Matic Telah Habis dan Perlu Untuk Diganti--Foto : Freepik.com/freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Oli gardan atau Oli transmisi matic merupakan pelumas tambahan yang memang dibutuhkan oleh sepeda motor berkopling kering yang bertugas untuk melumasi khusus bagian transmisi matic.

Hal ini berbeda dengan motor manual yang hanya membutuhkan oli mesin, pada motor matic terdapat oli gardan yang juga perlu untuk diganti secara rutin.

Jarak untuk melakukan penggantian oli gardan pada motor matic ini memang lebih lama jika dibandingkan dengan penggantian oli mesin.

Hal inilah yang terkadang dapat menyebabkan pemilik motor matic menjadi lupa atau telat untuk mengganti oli gardan ini.

BACA JUGA:Oli Pada Sepeda Motor Mengalami Kebocoran? Inilah 4 Penyebab Oli Motor Bocor dan Cara Penanganannya!

Lalu bagaimana cara mengetahui tanda-tanda bahwa oli gardan pada motor matic sudah habis dan perlu untuk diganti?

 

Berikut ini beberapa tanda yang terlihat pada saat oli untuk bagian transmisi matic ini sudah habis dan perlu untuk diganti.

Terdengar Suara Bising Dari Motor

Adanya suara bising yang cukup mengganggu dari arah box CVT merupakan salah satu tanda dari oli gardan pada motor matic telah habis.

Box CVT tersebut terletak pada bagian gardan atau roda belakang dari motor matic. Suara yang ditimbulkan yakni seperti berdecit atau berderit, bahkan ada juga yang sangat berisik sampai terdengar suara bising pada saat motor sedang dikendarai.

BACA JUGA:Telat Ganti Oli Mesin: Ini Dampak Yang Muncul Pada Kendaraan


Terdengarnya suara bising dikarenakan oli gardan yang berfungsi sebagai penggerak transmisi matic sudah tidak kental--Foto : Instagram.com/@motorirumahnyabikers

Terdengarnya suara bising tersebut dikarenakan oli gardan yang berfungsi sebagai penggerak transmisi matic sudah tidak kental atau mulai terlihat encer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: suzuki.co.id