Konsumsi Baterai Pada Smartphone Boros? Inilah 6 Cara Agar Daya Tahan Baterai Smartphone Lebih Lama!

Konsumsi Baterai Pada Smartphone Boros? Inilah 6 Cara Agar Daya Tahan Baterai Smartphone Lebih Lama!

Konsumsi Baterai Pada Smartphone Boros? Inilah 6 Cara Agar Daya Tahan Baterai Smartphone Lebih Lama!-rawpixel-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Kebutuhan terhadap sebuah smartphone dengan baterai yang tahan lama tentu sangat menarik. Salah satu hal yang sering menjadi permasalahan dari smartphone yaitu daya tahan baterai yang cukup boros jika telah digunakan lebih dari 1 tahun.

Hal tersebut terbilang wajar, karena smartphone yang telah dipakai selama lebih dari 1 tahun biasanya akan mengalami penurunan performa baterai.

Meskipun saat ini sudah tersedia berbagai jenis smartphone dengan baterai yang berkapasitas besar, namun tetap diperlukan beberapa cara untuk membuat dayanya menjadi lebih tahan lama.

Konsumsi baterai smartphone terbilang boros karena fitur untuk menjalankan berbagai fungsi dan aplikasi secara bersamaan akan terus meningkat seiring dengan semakin tinggi teknologi yang digunakan, ditambah lagi penggunaan hardware yang akan sangat menguras baterai seperti layar, prosesor, dan lainnya.

BACA JUGA:Apakah Jok Motor Perlu Dilakukan Perawatan? Inilah 5 Tips Merawat Jok Pada Sepeda Motor!

Tentu hal tersebut dapat menjadi permasalahan, terlebih lagi smartphone sangat dibutuhkan baik untuk menunjang pekerjaan sehari-hari, belajar, dan berbagai kebutuhan lainnya.

Semakin lama smartphone digunakan, maka akan semakin menurun performa baterainya. Meskipun begitu, agar masalah baterai boros pada smartphone dapat diminimalisir terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat baterai pada smartphone tidak boros dan daya konsumsinya menjadi lebih hemat.*

Menggunakan Charger Original

Menggunakan charger smartphone yang original mempunyai pengaruh yang besar terhadap usia dari baterai smartphone.


Konsumsi Baterai Pada Smartphone Boros? Inilah 6 Cara Agar Daya Tahan Baterai Smartphone Lebih Lama!-mateus andre-freepik

Sebaiknya hindari untuk menggunakan charger dari smartphone berbeda karena tentunya terdapat spesifikasi yang tidak sama antara kedua smartphone tersebut.

Karena perbedaan tersebut tentunya telah disesuaikan oleh produsen smartphone dengan memberikan charger yang mempunyai tegangan sesuai dengan kapasitas daya serap dari baterai smartphone yang diproduksinya.

Jika terlalu sering menggunakan charger yang tidak sesuai atau menggunakan charger yang tidak original tentunya berpotensi membuat baterai smartphone menjadi lebih cepat rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber