Bagaimana Teknologi AI Dapat Mengoptimalkan Pembelajaran? Inilah 4 Peran AI Dalam Bidang Pendidikan!

Bagaimana Teknologi AI Dapat Mengoptimalkan Pembelajaran? Inilah 4 Peran AI Dalam Bidang Pendidikan!

Bagaimana Teknologi AI Dapat Mengoptimalkan Pembelajaran? Inilah 4 Peran AI Dalam Bidang Pendidikan!-arthurhidden-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Artificial Intelligence atau AI merupakan sebuah teknologi di bidang ilmu komputer yang mempunyai kemampuan khusus dalam memecahkan suatu masalah.

Dengan kecerdasan dari teknologi ini yang dianggap dapat menyaingi kemampuan kognitif manusia, teknologi AI ternyata mampu membantu berbagai pekerjaan manusia dari yang mudah bahkan sampai yang susah.

Sebagai contoh Artificial Intelligence (AI) yang telah banyak digunakan yaitu ChatGPT. Sejak tahun 2022, teknologi AI yang dirilis oleh Open AI cukup berhasil dalam menarik perhatian banyak orang.

Kehadirannya bahkan mampu menopang berbagai bentuk pekerjaan manusia seperti pencarian informasi yang lebih cepat, brainstorming ide, dan membantu mencari referensi tugas akademik.

BACA JUGA:Membuat Masker Wajah Alami: Panduan Lengkap untuk Kulit Sehat

Hal ini semakin menegaskan betapa besarnya peran dari teknologi AI bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan penggunaan teknologi AI tentunya dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas suatu bidang, salah satunya yaitu bidang pendidikan.

Artificial intelligence mempunyai kekuatan untuk dapat mengoptimalkan pembelajaran dan pengajaran, membantu bidang pendidikan berkembang agar lebih bermanfaat baik bagi pelajar maupun pengajar.

Berikut ini beberapa contoh mengenai peran dari teknologi Artificial Intelligence (AI) terhadap bidang pendidikan.

Memberikan Akses Pembelajaran 24 Jam

Dengan kehadiran teknologi AI pada ruang kelas virtual mampu menciptakan proses pembelajaran yang dapat disesuaikan.


Bagaimana Teknologi AI Dapat Mengoptimalkan Pembelajaran? Inilah 4 Peran AI Dalam Bidang Pendidikan!-freepik-freepik

Peran dari teknologi AI yakni dapat memeriksa tugas, menilai tes, mengatur metode penelitian, mengecek laporan, membuat presentasi, membuat catatan, dan berbagai tugas administratif lainnya.

Perangkat lunak yang telah didukung oleh teknologi AI membuat pembelajaran menjadi dapat diakses oleh semua siswa, kapanpun dan dimanapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber