Video Assistant Referee, Bagaimana Penggunaan Teknologi VAR Diterapkan Pada Olahraga Sepak Bola?

Video Assistant Referee, Bagaimana Penggunaan Teknologi VAR Diterapkan Pada Olahraga Sepak Bola?

Video Assistant Referee, Bagaimana Penggunaan Teknologi VAR Diterapkan Pada Olahraga Sepak Bola?--Foto instagram/@liga1hub

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Video Assistant Referee (VAR) merupakan teknologi video yang digunakan untuk dapat membantu wasit untuk mengambil keputusan dalam pertandingan olahraga sepak bola.

Teknologi VAR ini terdapat empat orang asisten wasit yang menggunakannya di ruang kontrol, untuk meninjau kembali situasi yang dianggap kontroversial dan untuk memberikan saran kepada wasit utama yang berada di lapangan tentang keputusan yang harus diambil.

Teknologi VAR merupakan salah satu inovasi penting dalam dunia olahraga, khususnya pada olahraga sepak bola.

Penggunaan teknologi VAR dalam suatu pertandingan sepak bola menjadi semakin relevan bagi para arsitek dan operator stadion.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Wisata Raja Ampat yang Instagramable

Video Assistant Referee ini merupakan sistem berbasis teknologi yang akan membantu wasit dalam membuat keputusan yang lebih akurat dan adil pada momen-momen yang krusial pada suatu pertandingan seperti: gol, penalti, kartu kuning, kartu merah, offside, dan kesalahan identitas pemain.

Cara Kerja Teknologi VAR

Proses penggunaan teknologi VAR dimulai ketika asisten wasit melihat situasi yang dianggap kontroversial ketika wasit utama membutuhkan bantuan teknologi ini.

Asisten wasit akan meninjau kembali situasi yang terjadi di lapangan dengan menggunakan teknologi VAR dan memberikan saran kepada wasit utama mengenai keputusan yang harus diambil.

Wasit utama selanjutnya akan mengambil keputusan akhir setelah mempertimbangkan saran yang diberikan oleh asisten wasit.


Video Assistant Referee, Bagaimana Penggunaan Teknologi VAR Diterapkan Pada Olahraga Sepak Bola?--foto instagram/@neymoleque

Namun, jika wasit utama masih meragukan saran dari asisten wasit. Wasit utama akan ke pinggir lapangan dan melihat langsung tayangan ulang video menggunakan teknologi VAR.

Keuntungan Penggunaan Teknologi VAR

Penggunaan teknologi VAR dalam olahraga sepak bola ini telah memberikan berbagai dampak positif terhadap olahraga yang satu ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber