Ban Motor Botak? Ini 8 Penyebabnya dan Cara Menghindarinya

Ban Motor Botak? Ini 8 Penyebabnya dan Cara Menghindarinya

Ban Motor Botak? Ini 8 Penyebabnya dan Cara Menghindarinya-senivpetro-freepik

Rotasi ban merupakan proses menukar posisi ban depan dan belakang, hal ini dilakukan untuk memastikan keausan yang merata pada kedua ban motor.


Ban Motor Botak? Ini 8 Penyebabnya dan Cara Menghindarinya-master1305-freepik

Jika tidak merata, ban motor akan mempengaruhi keseimbangan dari sepeda motor dan dapat menyebabkan masalah pada saat berkendara, sehingga akan lebih sulit untuk dikendalikan.

Kelebihan Beban

Membawa beban yang berlebih juga dapat menjadi faktor yang mempercepat terjadinya keausan pada ban motor.

Setiap ban tentunya mempunyai kapasitas beban maksimal yang ditunjukkan dalam kode pada dinding samping ban. 

Jika pengendara sering membawa beban yang melebihi kapasitas, tekanan pada ban motor akan meningkat dan mempercepat terjadinya keausan.

Tidak Melakukan Perawatan Secara Rutin

Perawatan rutin sangat penting dalam memperpanjang usia ban, seperti membersihkan ban dari kotoran, paku, atau benda lainnya yang dapat menempel.

BACA JUGA:Memahami Jenis-Jenis Kopling Motor, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Bahan kimia dari aspal juga dapat mempengaruhi kondisi ban motor dan dapat merusak karet ban jika dibiarkan menempel terlalu lama.

Usia Pakai Ban Motor yang Telah Lama

Semakin lama ban motor digunakan, maka akan semakin tipis juga lapisan karetnya. Ban yang telah lama digunakan biasanya akan kehilangan elastisitas dan daya cengkeramnya. 

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengganti ban setelah mencapai batas umur pakai yang telah direkomendasikan oleh produsen.

Itulah beberapa penyebab yang membuat ban motor menjadi cepat botak. Jika ban motor telah melebihi batas keausan, ban harus segera diganti agar perjalanan motor tetap nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber