7 Kebiasaan Tanpa Disadari Makanan Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari

7 Kebiasaan Tanpa Disadari Makanan Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari

7 Kebiasaan Tanpa Disadari Makanan Tidak Sehat yang Sebaiknya Dihindari-freepik-freepik

Jika Anda menyelesaikan makan siang dalam waktu kurang dari 5 menit, Anda  akan makan sesuai kebutuhan tubuh Anda.

Selain itu, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients (2019) menemukan adanya hubungan antara makanan cepat saji dan penyakit jantung.

Studi tersebut menemukan bahwa 59% peserta yang makan terlalu cepat mengalami peningkatan hipertrigliseridemia, yang merupakan bagian dari  sindrom metabolik.

5. Makan dengan distraksi

Menonton TV, film atau makan sambil bekerja  merupakan kebiasaan makan buruk yang  dianggap sepele. Makan saat stres dapat menyulitkan Anda  mengukur seberapa banyak Anda makan dan apakah Anda sudah melampaui batas maksimal. Kebiasaan makan buruk  ini  sulit dihilangkan.

Namun Anda bisa mulai mengubahnya dengan makan di meja  tanpa  TV atau telepon. Atur porsinya di piring dan fokuslah pada  rasa makanan di mulut Anda setiap gigitan.

BACA JUGA:Bahaya Baterai Mobil Listrik Saat Dalam Keadaan 0%, Ahli Kelistrikan ITB Ingatkan Pentingnya Menjaga Daya

6. Melewatkan sarapan

Sarapan dianggap sebagai waktu makan terpenting dalam sehari. Namun, masih banyak orang yang  melewatkan sarapan. Melewatkan sarapan tidak hanya akan menambah energi Anda sepanjang hari, tetapi juga membuat Anda lebih mudah ngemil setiap saat.

Selain itu, melewatkan sarapan  akan membuat tubuh Anda stres, sehingga Anda akan mengonsumsi lebih sedikit kalori dan lemak.

Sarapan memberi Anda energi  yang Anda butuhkan untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Tanpa bahan bakar ini,  Anda  akan makan berlebihan pada waktu makan berikutnya.

7. Makan membabi buta

Kebiasaan buruk  berikutnya yang harus dihindari adalah makan terlalu banyak sekaligus.  Namun, ada  kondisi tertentu yang dapat menyebabkan ngidam terus-menerus, antara lain kondisi hormonal, konsumsi obat, dan pola makan yang sehat. 

BACA JUGA:Buntut Tongkang Batu Bara Seruduk Dermaga 7 Ulu, Massa Geruduk Kantor Walikota Palembang

Gangguan makan adalah kelainan makan yang menyebabkan seseorang  makan berlebihan secara teratur. Berikut  beberapa gejala makan berlebihan yang mungkin  Anda alami tanpa Anda sadari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber