Apakah Wajib Mengganti 4 Ban Mobil Sekaligus? Ini Jawabannya, Yuk Simak!

Apakah Wajib Mengganti 4 Ban Mobil Sekaligus? Ini Jawabannya, Yuk Simak!

Untuk memastikan kondisi optimal, disarankan untuk mengganti keempat ban secara bersamaan, atau setidaknya dalam pasangan.--freepik.com/@freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Apakah wajib mengganti keempat ban mobil sekaligus? Pertanyaan ini mungkin muncul ketika Anda mempertimbangkan penggantian ban.

Jawabannya sebenarnya cukup sederhana. Idealnya, memang sebaiknya mengganti keempat ban secara bersamaan.

Ban mobil memiliki peran penting dalam kinerja dan penanganan kendaraan, terutama dalam hal akselerasi, pengereman, dan manuver saat bermanuver.

Untuk memastikan kondisi optimal, disarankan untuk mengganti keempat ban secara bersamaan, atau setidaknya dalam pasangan.

BACA JUGA:Mengatasi Masalah Engkol Motor yang Sering Lepas dan Kendor dengan 7 Langkah Mudah Ini

Sebagian besar produsen ban mobil menyarankan penggantian keempat ban sekaligus. Hal ini bertujuan agar ban memiliki kecocokan yang optimal, baik dari segi tipe maupun merek.

Praktik ini menjadi lebih penting, terutama untuk kendaraan 4WD, di mana keempat roda bekerja bersama-sama untuk memberikan daya dorong seimbang dan meningkatkan daya cengkeram kendaraan di jalan.

Jika salah satu ban lebih aus daripada yang lain, ini dapat mengakibatkan masalah pada sistem transmisi dan mengurangi efisiensi kendaraan secara keseluruhan.

Meski demikian, mengganti ban sebagian tidak dianggap sebagai tindakan yang dilarang. Jika anggaran terbatas, mengganti satu ban terlebih dahulu dapat menjadi pilihan.

BACA JUGA:Panduan Lengkap Memilih Bengkel Mobil yang Tepat dan Berkualitas


Jika anggaran terbatas, mengganti satu ban terlebih dahulu dapat menjadi pilihan--freepik.com/@freepik

Sebaiknya, pastikan untuk tidak menunda penggantian ban yang lain agar kinerja kendaraan tetap optimal dan aman.

Perlu diingat bahwa pada mobil jenis 4WD, mengganti keempat ban secara bersamaan lebih disarankan untuk menjaga keseimbangan daya dorong dan grip kendaraan.

Dampak Buruk Ban Mobil Botak Sebelah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber