Gipsum yang Cantik dan Tahan Rayap? Bisa Kok, Begini Caranya!

Gipsum yang Cantik dan Tahan Rayap? Bisa Kok, Begini Caranya!

Gipsum yang Cantik dan Tahan Rayap? Bisa Kok, Begini Caranya!--foto instagram/@gypsum_dizaina_tz

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Gipsum memiliki sifat yang tahan terhadap serangan rayap. Gipsum adalah mineral alami yang terdiri dari kalsium, belerang, air, dan oksigen. 

Karena komposisinya yang tidak mengandung bahan organik yang bisa menjadi sumber makanan bagi rayap, gipsum cenderung tidak menarik bagi serangga-serangga tersebut.

Rayap umumnya lebih suka memakan kayu atau bahan-bahan organik lainnya yang mengandung selulosa sebagai sumber makanan utama mereka.

Gipsum, yang merupakanmineral anorganik, tidak mengandung zat-zat yang menarik bagi rayap. Oleh karena itu, plafon gipsum atau material konstruksi yang menggunakan gipsum sebagai komponen utamanya cenderung tahan terhadap kerusakan akibat serangan rayap.

BACA JUGA:Stang Jepit, Bikin Motor Makin Ganteng Tapi Ada Harga yang Harus Dibayar

Mengtuip dari id.quora.com, Namun, jika gypsum dalam posisi basah, hal ini dapat memicu rayap bisa menembus bagian lapisan kertas gypsum. Jadi, bisa dikatakan tahan rayap jika posisi kering.

Mengutip dari obatfumigasi.com, berikut cara mencegah raya memakan plafon gypsum :

1. Basmi cikal bakal Makanan rayap di plafon gypsum Rayap biasanya mencari makanan dari kayu dan serbuk kayu. Cegah akses mereka dengan mengisolasi material gypsum dari daerah yang telah terinfeksi.

2. Taburkan Pestisida Ramah Lingkungan Pilihlah pestisida yang ramah lingkungan serta aman digunakan di dalam rumah.

Gunakan pestisida tersebut pada area yang terkena serangan rayap. Salah satu contoh insektisida yangdisarankan untuk menangani serangan rayap adalah Silogud 250 EC yang tersedia melalui situs ini.


Gipsum yang Cantik dan Tahan Rayap? Bisa Kok, Begini Caranya!-vector-freepik

3. Pemeliharaan Lingkungan yang Optimal

Pastikan lingkungan sekitar material gypsum tetap kering, karena rayap cenderung menghinggapi daerah yang lembap. Perbaiki segala kebocoran dan pastikan ventilasi udara yang memadai.

4. Lakukan pengecekan dan proteksi plafon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber