Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri dan Dampak Narkoba: Edukasi Penting untuk Masyarakat

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri dan Dampak Narkoba: Edukasi Penting untuk Masyarakat

Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri dan Dampak Narkoba: Edukasi Penting untuk Masyarakat--freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Narkoba  atau narkotika merupakan obat-obatan terlarang masalah serius yang mengancam generasi muda di seluruh dunia, dan penggunaan Narkoba tidak hanya memberikan dampak negatif terhadap kesehatan fisik dan mental generasi muda, namun juga dapat menghancurkan kehidupan mereka.

Obat ini tidak digunakan dalam dosis tinggi yang diresepkan untuk pengobatan kondisi medis tertentu. Artinya obat tersebut dapat menimbulkan efek samping dan efek negatif pada tubuh Anda. 

Selain berdampak pada kesehatan fisik, narkoba juga dapat berdampak  pada kesehatan mental dalam jangka panjang.

Penyalahgunaan narkoba mengubah fungsi dan struktur otak yang mempengaruhi kognisi pecandu (kurang perhatian, kurang emosi, kurang motivasi) dan perilaku. 

BACA JUGA: 6 Rekomendasi Motor Kopling yang Cocok Untuk Digunakan Oleh Berbagai Pengendara!

Salah satu efek samping penggunaan narkoba dan zat beracun lainnya adalah memburuknya kesehatan mental dan emosional, seperti depresi, kecemasan bahkan pikiran untuk bunuh diri dan skizofrenia.

Generasi muda  merupakan kelompok  rentan terhadap penggunaan narkoba. Faktor-faktor seperti tekanan teman sebaya, godaan, rasa ingin tahu dan kurangnya kesadaran akan bahaya narkoba dapat mempengaruhi keputusan  untuk mencoba dan menggunakan narkoba. 

Selain itu, stres akademik, masalah emosional, dan kecemasan sosial  bisa menjadi faktor yang memperburuk kondisi. Namun penyalahgunaan narkoba menimbulkan ancaman serius terhadap kesehatan generasi produktif ini.

Dampak negatif penggunaan narkoba pada remaja antara lain:

1. Hubungan sosial terganggu

Ikatan sosial putus, risiko penyalahgunaan narkoba berdampak pada hubungan sosial generasi muda. Narkoba ini menyebabkan perubahan perilaku, ketidakstabilan emosi, dan ketidakmampuan  menjaga hubungan yang sehat dengan keluarga, teman, dan komunitas di sekitar mereka. 


Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri dan Dampak Narkoba: Edukasi Penting untuk Masyarakat--freepik

Akibatnya, generasi muda pengguna narkoba menjadi terisolasi dari komunitasnya, sering bertengkar dengan orang lain, dan kehilangan dukungan sosial.

2. Gangguan kesehatan mental karena penggunaan narkoba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: