Waspadai Kematian Mendadak Pada Bayi, SIDS Menjadi Salah Satunya

 Waspadai Kematian Mendadak Pada Bayi, SIDS Menjadi Salah Satunya

Waspadai Kematian Mendadak Pada Bayi, SIDS Menjadi Salah Satunya-@ bearfotos-freepik

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- SIDS atau kepanjangan dari Sudden infant death syndrome merupakan suatu istilah medis untuk kematian mendadak pada bayi yang penyebabnya tidak diketahui. 

Kondisi ini juga dikenal sebagai cot/crib death (kematian di tempat tidur) karena sering kali terjadi saat bayi sedang tidur. SIDS paling sering terjadi pada bayi berusia antara 2 hingga 4 bulan.

SIDS adalah kondisi yang harus diwaspadai oleh setiap orang tua karena bisa terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu, mari kita pelajari lebih lanjut mengenai sudden infant death syndrome melalui ulasan di bawah ini.

Apa itu SIDS (Sudden Infant Death Syndrome)?

Kematian mendadak pada bayi, atau SIDS, adalah kondisi di mana bayi meninggal secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas. Meskipun penyebab pastinya tidak diketahui, ada dugaan bahwa posisi tidur bayi dapat berpengaruh. Misalnya, bayi yang tidur tengkurap atau miring lebih berisiko.

BACA JUGA:Layanan AHU Tahun 2024 Kemenkumham Sumsel Optimis Capai Target PNBP

Tidur dengan posisi perut menempel ke kasur bisa menyebabkan saluran napas terhambat, sehingga mengganggu pernapasan dan meningkatkan risiko rebreathing. Rebreathing adalah kondisi di mana bayi menghirup kembali karbondioksida yang dikeluarkan dari napasnya sendiri, sehingga kekurangan oksigen saat tidur. Risiko ini meningkat jika ada banyak mainan atau boneka di tempat tidurnya.

Faktor Risiko SIDS

Hingga kini, penyebab pasti SIDS belum diketahui. Namun, ada beberapa faktor yang diduga dapat meningkatkan risiko kematian mendadak pada bayi, antara lain:

1. Perawatan prenatal yang tidak memadai.

2. Ibu merokok saat hamil atau merupakan perokok pasif.

3. Bayi berusia 2–4 bulan.

4. Jenis kelamin laki-laki.

5. Cuaca dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber