Jangan Salah Sangka ! Ternyata ini Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Jangan Salah Sangka ! Ternyata ini Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes

Ternyata ini Penyebab Ban Tubeless Sering Kempes--Foto : tangkapan layar youtube.com @mekanik rantau

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Ban tubeless telah menjadi pilihan banyak pemilik sepeda motor karena kemudahannya dalam pemasangan dan kepraktisannya dalam penggunaan sehari-hari.

Namun, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan masalah sering kempes pada ban tubeless mereka. Apakah benar ban tubeless sering kempes?

Dilansir dari kanal youtube mekanik rantau, dijelaskan secara rinci mengenai penyebab ban tubeless sering kempes dan bagaimana cara memasangnya dengan benar agar tidak mengalami masalah tersebut.

Pertama-tama, perlu dicatat bahwa sebagian besar masalah kempes pada ban tubeless bukan disebabkan oleh kualitas ban itu sendiri, melainkan oleh kesalahan dalam proses pemasangan atau faktor-faktor tertentu yang dapat mempengaruhi kinerja ban. 

BACA JUGA:Mengamati Tanda Segitiga Pada Ban Mobil: Kenali Batas Keamanan dan Ketahanan

Pertama, dalam proses pembongkaran ban tubeless, kita diajak untuk memperhatikan beberapa langkah penting.

Mekanik Rantau menunjukkan cara membongkar ban dengan hati-hati agar tidak merusak pelek atau komponen lainnya.

Proses ini dimulai dengan melepaskan tekanan udara secara merata dari ban. Selanjutnya, kain disiapkan untuk melindungi pelek agar tidak tergores atau tergores selama proses pembongkaran.

Langkah berikutnya adalah menggunakan congkelan untuk melepaskan ban dari pelek. Mekanik Rantau menekankan pentingnya membersihkan pinggiran pelek dan memastikan tidak ada kotoran yang dapat mengganggu saat pemasangan nanti.

BACA JUGA:Hindari Pecah Ban Mobil Saat Berkendara di Jalan Raya dengan 5 Tips Ini

Setelah itu, dia menunjukkan cara menggunakan lem tribon pada pinggiran pelek untuk mencegah kebocoran udara.

Mekanik Rantau juga memberikan tips untuk mengatasi masalah potensial, seperti menggunakan sikat kawat untuk membersihkan velg yang lebih kotor atau berkarat.

Semua langkah ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemasangan ban tubeless dilakukan dengan benar dan tidak ada faktor luar yang dapat menyebabkan kempes.

Pada tahap pemasangan, mekanik Rantau menunjukkan cara menggunakan pelumas pada pelek sebelum memasang ban. Ini bertujuan untuk memudahkan pemasangan dan mencegah ban agar tidak terlalu sulit saat dipasang. Penggunaan pelumas atau sabun pada pelek dapat membuat ban terpasang dengan lebih mudah dan mencegah kerusakan pada ban atau pelek.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: youtube.com @mekanik rantau