Mengendalikan Motor Matic dengan Teknik Ngerem yang Benar di Jalanan Menurun

Mengendalikan Motor Matic dengan Teknik Ngerem yang Benar di Jalanan Menurun

Mengendalikan Motor Matic dengan Teknik Ngerem yang Benar di Jalanan Menurun--

BACA JUGA:Teknik Aman Melintasi Banjir Saat Menggunakan Motor Matic, Mesin Tetap Optimal Dengan Minimum Kerusakan

Saat melakukan pengereman, gunakan kedua rem, baik rem depan maupun rem belakang. Pengereman dengan kedua rem secara bersamaan atau bergantian dapat meningkatkan efisiensi proses pengereman dan membuat proses berhenti menjadi lebih stabil.

Hal ini juga dapat mencegah roda terkunci yang dapat menyebabkan kecelakaan. Posisikan tubuh dengan benar saat melakukan pengereman.

Menurut Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta, posisikan badan agak tegak, pandangan lurus ke depan, lengan dan bahu dalam kondisi rileks, dan genggaman tangan di stang motor juga harus rileks.

Gunakan jari tangan dengan kekuatan yang cukup saat menarik tuas rem. Khusus untuk jalanan menurun, lebih disarankan untuk menggunakan rem depan.

BACA JUGA:Inilah Ciri-ciri V-Belt Motor Matic Anda Sudah Harus Diganti

Tekan handle atau tuas rem depan agar dapat menahan daya dorong motor ke depan.

Pilih rem depan saat melintasi jalanan menurun karena daya dorong motor ke depan lebih besar, dan rem depan dapat membantu menahan laju motor dengan lebih efektif.

Penting untuk dihindari mengerem secara terus menerus dalam waktu yang lama saat berada di jalanan menurun. Hal ini dapat menyebabkan panas berlebih pada perangkat rem motor, yang pada akhirnya dapat mengurangi keefektifan rem.

Jika pengendara merasakan kekuatan rem yang berkurang, disarankan untuk berhenti sejenak, memberi waktu bagi suhu rem untuk turun sebelum melanjutkan perjalanan.

BACA JUGA:Teknik Aman Melintasi Banjir Saat Menggunakan Motor Matic, Mesin Tetap Optimal Dengan Minimum Kerusakan

Meskipun teknik-teknik di atas dapat membantu menghindari kecelakaan, masih banyak kesalahan umum yang sering dilakukan pengendara saat mengerem.

Salah satu kesalahan tersebut adalah hanya menggunakan satu rem, entah itu rem depan atau belakang.

Penggunaan hanya satu rem dapat membuat kendaraan sulit dikendalikan dan mempercepat keausan rem.

Mengerem secara mendadak atau tiba-tiba juga termasuk kesalahan yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Mengerem secara tiba-tiba dapat menyebabkan roda terkunci, membuat kendaraan tidak stabil, dan meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber