Yuk Kenali Kopi Khas Ulu Ogan, Kopi Robusta Mirip Rasa Arabika

Yuk Kenali Kopi Khas Ulu Ogan, Kopi Robusta Mirip Rasa Arabika

Kopi khas Ulu Ogan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) memiliki rasa yang unik, di mana kopi Robusta mirip rasa Arabika.-Ari Pranika-PALTV

Penilaian pada poin ini menitik beratkan pada keseluruhan proses cupping (uji cita rasa). Apabila ada satu aspek penilaian yang mendapat nilai negatif, maka akan langsung tersingkir dari proses atau kopi tidak akan dinilai.

BACA JUGA:Pagar Alam, Surga Kopi Robusta Unggulan Indonesia dengan Tradisi Khas Penjemuran Kopi di Halaman Rumah

Sementara, Kopi Ulu Ogan mendapat skor 7,67 dari 10. Hal ini menunjukkan bahwa Kopi Ulu Ogan telah memenuhi persyaratan penilaian.

9. Sweetness (rasa manis yang menyenangkan)

Pada poin sweetness, Kopi Ulu Ogan mendapat skor 10 dari 10. Skor ini didapatkan karena adanya acidity di dalam Kopi Ulu Ogan tidak dominan.

Rasa asam yang muncul pada kopi diseruput justru menghasilkan rasa manis buah segar yang menyenangkan.

BACA JUGA:Kopi, Cokelat, atau Susu ! Manakah yang Lebih Sehat untuk Tubuh Anda?.

10. Overall (penilaian keseluruhan)

Overall diukur dari keseluruhan aspek penilaian dari awal cupping (uji cita rasa). Kopi Ulu Ogan mendapat skor 7,67 dari 10.

Total keseluruhan skor Kopi Ulu Ogan dari 10 kriteria adalah 81,75 dari 100. Dari hasil uji cita rasa menunjukkan bahwa cita rasa Kopi Ulu Ogan sudah mempunyai karakter tersendiri, yaitu rasa asam yang menghasilkan rasa manis saat diseruput.

Dari penilaian tersebut, Kopi Ulu Ogan masuk dalam kategori Fine Robusta. Di mana Kopi Ulu Ogan memiliki karakter rasa asam namun saat diseruput akan meninggalkan rasa manis.

BACA JUGA:Manfaat Kopi Tunggal atau Kopi Lanang, Penuh Rasa Dahsyat dan Nikmat

Padahal, rasa asam hanya ada pada kopi Arabika atau kopi fermentasi hewan (kopi luwak). Namun, rasa tersebut terdapat pula pada Kopi Fine Robusta Ulu Ogan, sehingga Kopi Ulu Ogan banyak dipakai oleh kedai kopi dan kafe.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber