Buat Sendiri Pupuk Cair dari Daun Kelor dengan Cara Berikut

Buat Sendiri Pupuk Cair dari Daun Kelor dengan Cara Berikut

Buat Sendiri Pupuk Cair dari Daun Kelor dengan Cara Berikut--djkn.kemenkeu.go.id

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Daun kelor adalah salah satu jenis tumbuhan yang memiliki sangat banyak kandungan gizi didalamnya. Bukan untuk manusia saja. Gizi pada Daun kelor ini dapat pula diberikan ke tanaman kalian yang ada di rumah.

Daun kelor mengandung zat Zeatin yang dapat merangsang pertumbuhan tanaman terutama tanaman-tanaman yang baru mulai memiliki tunas yang membutuhkan gizi lebih banyak untuk tumbuh dan berkembang. Pupuk murni dari daun kelor ini dapat meningkatkan pertumbuhan pada tanaman hingga 25% dan dapat meningkatkan hasil panennya sebesar 35%.

Untuk membuat pupuk dari daun kelor ini kalian hanya perlu menyiapkan bahan-bahan dibawah ini:

Bahan-bahan:

1. 1 kilogram daun kelor yang masih segar

2. 10 liter air beras

3. ½ kilogram gula pasir

4. 1 ons gula jawa yang sudah dilarutkan

Cara pembuatannya pun cukup mudah. Kalian hanya perlu menghaluskan daun kelor hingga halus dapat dengan cara ditumbuh ataupun diblender yang penting daun kelor halus dan dapat mengeluarkan zat-zat yang ada didalamnya. Setelah halus, kalian dapat menuangkan 10 liter air beras tadi kedalam wadah yang sebelumnya sudah disiapkan untuk menampung pupuk tersebut.

Setelah itu, tinggal kalian masukkan daun kelor yang sudah halus tadi kedalam wadah sehingga tercampur dengan air beras. Masukkan gula pasir dan larutan gula jawa kedalam campuran tadi hingga semuanya merata. Setelah itu tutup rapat wadah tadi dengan tutup ataupun dengan kertas koran dan dapat diaduk-aduk pada pagi ataupun sore hari. Setelah 2 minggu atau sekitar 14 hari, pupuk cair pun siap digunakan.

Selain dibuat menjadi pupuk cair, daun kelor pula dapat dijadikan obat untuk tanaman cabai kalian yang hampir layu ataupun memiliki daun yang keriting-keriting.

Caranya juga sangatlah gampang. Kalian hanya perlu mengambil patahan daun kelor beserta dahan-dahannya lalu cukup kalian letakkan disekitar tanaman cabai kalian. Maka tanaman cabai kalian akan segar dan sehat lagi. Apabila sudah layu, kalian dapat menggantinya dengan daun kelor dan dahannya yang baru dan masih segar.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber