Rezeki Ramadan Pedagang Dogan di Muara Enim, Laris Manis Menjelang Buka Puasa

Rezeki Ramadan Pedagang Dogan di Muara Enim, Laris Manis Menjelang Buka Puasa

Pedagang dogan atau kelapa muda di Muara Enim laris manis didatangi pembeli menjelang buka puasa, Minggu (2/4/2023).-Mardiansyah-PALTV

MUARA ENIM, PALTV.CO.ID - Saat berbuka puasa biasanya setiap orang akan mencari menu berbuka puasa yang segar, salah satunya es kelapa muda menjadi andalan saat berbuka puasa.

Pedagang dogan atau kelapa muda di Muara Enim laris manis didatangi pembeli menjelang buka puasa. Kesegaran air kelapa muda atau dogan ini menjadi pilihan tepat setelah seharian berpuasa.

Saat berbuka puasa, setiap orang akan memilih menu berbuka puasa dengan makanan manis dan minuman segar. Menu ini serasa “wajib” ada di setiap rumah orang yang menjalankan ibadah puasa.

Banyak pilihan minuman segar yang dijual di pusat penjualan menu berbuka di Muara Enim. Salah satunya dogan atau kelapa muda. Dogan menjadi pilihan utama minuman untuk berbuka. Dogan biasa jadi pilihan karena memiliki kesegaran alami dan bisa dipadukan dengan es yang dapat menambah kesegaran untuk menghalau dahaga.

BACA JUGA:Satu Keluarga Jadi Korban Pajero Terbalik di Depan Aston! Polisi Diminta Segera Proses dan Tangkap Pelaku

BACA JUGA:Korban Kebakaran di Lorong Siliwangi Kelurahan 5 Ulu Butuh Dapur Umum

Banyaknya orang menginginkan dogan sebagai minuman berbuka puasa, membuat para pedagang dogan alias kelapa muda di Kabupaten Muara Enim ketiban rezeki. Dagangan mereka laris manis didatangi pembeli saat menjelang berbuka puasa. Pendapatan penjual dogan pun naik berkali lipat saat bulan Ramadan ini.

Menurut Ade, pedagang dogan mengatakan, di tahun ini dirinya banyak kebanjiran rezeki saat menjual dogan  dibanding tahun sebelumnya. Beberapa tahun sebelumnya, Muara Enim masih dilanda pandemi yang membuat menurunnya daya beli masyarakat untuk berbelanja menu buka puasa.

Pada Ramadan tahun ini, geliat ekonomi kembali naik dan dogan yang Ade jual laris manis saat menjelang berbuka puasa. Untuk harga dogan murni Rp10.000. Sedangkan dogan yang sudah dicampur susu, gula atau es seharga Rp13.000. Dalam satu hari, Ade bisa menjual lebih dari seratus buah dogan. Sedangkan di hari biasa, Ade hanya mampu menjual lima puluh buah dogan setiap harinya, itupun kalau tidak diguyur hujan.

“Alhamdulillah agak mending sesudah CORONA ini. Tidak tentu, sehari kadang 100 kadang 150 buah, paling sedikit 80 buah dogan. Untuk harganya Rp10.000 yang murni, kalau yang sudah dicampur-campur harganya Rp13.000,” ungkap Ade sambil tersenyum simpul.

BACA JUGA:Peternak Prediksi Kenaikan Harga Daging Sapi Sejak Awal Tahun 2023

BACA JUGA:Potensi El Nino Lemah, BMKG Terus Lakukan Pemantauan


Ade bisa menjual lebih dari seratus buah dogan, Minggu (2/4/2023).-Mardiansyah-PALTV

Meski di bulan Ramadan bermunculan pedagang dogan dadakan, tetap saja semua kebagian rezeki bahkan melebihi pendapatan di hari biasa. Setiap pedagang baik pedagang harian atau musiman, akan mendapat berkah saat datang bulan Ramadan. Keberkahan bulan Ramadan bisa dimanfaatkan untuk berbisnis takjil atau menu berbuka puasa. Meski menjamurnya pedagang dadakan, justru menambah keseruan warga yang berburu takjil atau menu berbuka puasa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv