Kapan Sebaiknya AC Mobil Dilakukan Perawatan? Agar Tak Gagal Paham, Simak Penjelasannya

Kapan Sebaiknya AC Mobil Dilakukan Perawatan? Agar Tak Gagal Paham, Simak Penjelasannya

Perawatan berkala ideal untuk AC mobil adalah setiap 10.000 km. Perawatan ini mencakup pembersihan AC dari debu dan kotoran.--freepik.com/@standret

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dalam menjalankan fungsinya sebagai elemen yang terus beroperasi selama kendaraan beraktivitas, sistem air conditioner (AC) wajib menerima perhatian secara berkelanjutan.

Tidak bijaksana menunda perawatan hingga AC mengalami gangguan, sebab perawatan rutin AC menjadi sangat krusial seiring dengan pertambahan usia dan penggunaan intensif kendaraan.

Pada awalnya, AC pada mobil baru umumnya bekerja dengan baik dan jarang mengalami gangguan. Namun, ketika kendaraan telah berusia atau melebihi 5 tahun, kemungkinan besar AC akan mulai menunjukkan tanda-tanda masalah, terutama jika tidak dirawat dengan baik.

Lalu kapan sebaiknya dilakukan perawatan AC pada kendaraan Anda? Penjelasan mengenainya dapat ditemukan di bawah ini.

BACA JUGA:Inilah Jenis-jenis Mobil Listrik yang Patut Dikenali Sebelum Membelinya

Perawatan berkala ideal untuk AC mobil adalah setiap 10.000 km. Perawatan ini mencakup pembersihan AC dari debu dan kotoran. Dengan melakukan perawatan ini, AC akan lebih tahan lama.

Sementara itu, perawatan besar sebaiknya dilakukan setiap 20 ribu hingga 40 ribu km atau setiap dua tahun.

Pada perawatan ini, AC akan dibersihkan secara menyeluruh dan diperiksa secara detail untuk memastikan kinerjanya yang optimal.

Selain itu, ada perawatan rutin lain yang perlu diingat oleh pemilik kendaraan, seperti pembersihan evaporator yang sebaiknya dilakukan setiap 8-12 bulan sekali. Filter kabin penggantiannya sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan.

BACA JUGA:Mengintip Terobosan Terbaru di Dunia Otomotif, Inovasi dan Teknologi Canggih yang Mewarnai Industri

AC yang jarang diservis atau dibersihkan akan mengakibatkan penumpukan kotoran pada komponen-komponen AC. Sehingga dapat menghambat kinerja AC dan berpotensi menimbulkan masalah di kemudian hari.

Oleh karena itu, sangat penting untuk merawat dan membersihkan AC secara berkala agar AC tidak mengalami kerusakan lebih serius yang akan menimbulkan biaya perbaikan yang lebih besar.

Biaya perawatan AC bisa bervariasi tergantung pada merek kendaraan dan kondisi AC. Biaya ini tergantung pada jenis perawatan yang diperlukan.

Ada perawatan kecil yang hanya melibatkan pembersihan atau pencucian AC, dan ada perawatan besar yang melibatkan perbaikan atau penggantian komponen AC yang rusak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber