Iniilah Jenis, Fungsi, Cara Merawat Injector Mobil dan Fatal Dampaknya Jika Kotor atau Rusak.

Iniilah Jenis, Fungsi, Cara Merawat Injector Mobil dan Fatal Dampaknya Jika Kotor atau Rusak.

Fungsi injektor mobil, metode perawatannya, serta gejala dan dampak yang muncul jika injektor mobil mengalami kotoran atau kerusakan.--Sumber Foto: pixabay.com/@emkanicepic

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Mobil modern telah menggantikan penggunaan karburator dengan injektor mobil sebagai penyedia bahan bakar untuk ruang pembakaran atau silinder.

Perbedaannya terletak pada sistem distribusinya, di mana karburator menggunakan distribusi manual, sedangkan injektor mobil dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU).

ECU memainkan peran sentral dalam sistem injeksi mobil, mengatur penyemprotan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan ruang pembakaran. Teknologi throttle mendukung penyaluran bahan bakar dengan tekanan tinggi dari injektor mobil ke ruang pembakaran.

Artikel ini akan membahas fungsi injektor mobil, metode perawatannya, serta gejala dan dampak yang muncul jika injektor mobil mengalami kotoran atau kerusakan.

BACA JUGA:Wuling Air EV: Keandalan Bodinya Teruji dalam Insiden Tabrakan

 

Jenis dan Fungsi Injektor Mobil

Injektor mobil berfungsi sebagai penyedia bahan bakar untuk ruang mesin atau ruang pembakaran. Untuk menjalankan fungsinya, injektor mobil didukung oleh beberapa komponen, di antaranya sensor. Sensor ini mengirimkan sinyal kepada ECU mengenai kebutuhan bahan bakar di ruang pembakaran.

 

Ada tiga jenis injektor mobil yang umum digunakan:

1. Single Point Injector

Single point injector memiliki satu lubang di ujungnya. Saat saluran bensin terbuka, bensin akan keluar melalui lubang ini secara terpusat.

BACA JUGA:Wuling Air EV: Keandalan Bodinya Teruji dalam Insiden Tabrakan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber