Sosok Arkhan Kaka, Pencetak Gol Pertama Indonesia Di Ajang Piala Dunia U-17

Sosok Arkhan Kaka, Pencetak Gol Pertama Indonesia Di Ajang Piala Dunia U-17

Arkhan kaka pemain pertama asal Indonesia yang mampu mencetak gol di Piala Dunia --Foto : ig timnas.indonesia

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Perjuangan Timnas Indonesia yang berlaga di ajang Piala Dunia U-17, telah dimulai pada jumat malam (10/11/2023) di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), menghadapi timnas Ekuador. Dimana dalam pertandingan tersebut anak asuh Bima Sakti harus puas berbagi poin 1 dengan skor imbang 1-1.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada malam hari, dan disaksikan langsung oleh presiden RI Joko Widodo dan juga Presiden FIFA Gianni Infantino. 

Timnas Indonesia mampu mencetak gol terlebih dahulu pada menit ke 22, melalui striker bernomor punggung 8 bernama Arkhan Kaka. Sayangnya baru beberapa menit berjalan, gol balasan berhasil dicetak oleh pemain timnas Ekuador Allen Obando melalui sundulan depan gawang.

Bagi Indonesia Gol yang dicetak oleh Arkhan Kaka, pemain asal klub Persis Solo tersebut menjadi sebuah gol yang penuh sejarah. Pasalnya gol tersebut merupakan gol yang pertama kali di cetak oleh Indonesia, diajang Piala Dunia.

BACA JUGA:Hasil Imbang Timnas Indonesia VS Ekuador 1-1 Diapresiasi Presiden Jokowi

Arkhan Kaka anak muda kelahiran Blitar Jawa Timur, yang kini baru berusia 16 tahun. Merupakan pemain muda Indonesia yang berbakat.

Pemain satu ini, merupakan anak kandung dari mantan pesepakbola tanah air yaitu Purwanto, yang kini menjabat sebagai direktur akademi borneo FC Samarinda.

Selama menjalani karir di klubnya saat ini yaitu Persis Solo Arkhan Kaka, merupakan salah satu pemain kunci bagi timnya. Dan selama berkarir di Persis Solo, Arkhan Kaka telah total menjalani menit pertandingan sebanyak 167.

Awal mula pemain kelahiran 2 September 2007 ini, berawal dari kampong halamannya di Blitar, Jawa Timur. Dimana Arkhan sempat membela klub di kampong halamannya itu yaitu PSBK Blitar, setelah itu Arkhan Kaka dilirik oleh klub Bhayangkara FC U 16, sehingga kini Arkhan pun membela klub Liga 1 Persis Solo.

BACA JUGA:Jadwal Pertandingan dan Skuad Lengkap Grup A Piala Dunia U-17 2023

Sebelum berlaga di ajang piala dunia U 17, Arkhan Kaka sendiri pernah juga bertanding membela timnas Indonesia U 17 di ajang Pra Piala Asia U 17.

Namun saying Arkhan yang kala itu mampu mencetak 7 gol untuk Timnas Indonesia U 17, gagal membawa pasukan merah putih yang dilatih oleh Bima Sakti ke pentas Piala Asia U 17. 

Kini dengan keberhasilannya mencetak gol ke gawang Timnas Ekuador di ajang piala dunia U 17, nama Arkhan Kaka pun masuk dalam catatan sejaran sepakbola tanah air.

Pasalnya Arkhan menjadi orang pertama Indonesia, yang mampu mencetak gol di penat piala dunia walaupun di kelompok umur 17 tahun.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber