Langkah Konkret Pemkab OKU Tekan Inflasi, Stunting hingga Kemiskinan Ekstrim

Langkah Konkret Pemkab OKU Tekan Inflasi, Stunting hingga Kemiskinan Ekstrim

Pj Bupati OKU saat meninjau demplot percontohan kampung perikanan.-Ari Pranika-PALTV

OKU, PALTV.CO.ID - Sebagai langkah konkret untuk mewujudkan kampung perikanan di Kecamatan Lubuk Raja, Pemerintah Kabupaten OKU terus mengembangkan budidaya ikan gabus.

Langkah ini juga bagian dari penyatuan program Pemkab OKU dalam upaya pengendalian inflasi, penurunan angka stunting dan penghapusan kemiskinan ekstrim di OKU.

Rabu (29/3/2023), Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah meninjau secara langsung progres demplot percontohan kampung perikanan budidaya ikan gabus Desa Martajaya Kecamatan Lubuk raja. Teddy mengungkapkan, demplot budidaya ikan gabus tersebut merupakan percontohan kampung perikanan.

"Ini adalah demplot percontohan kampung perikanan. Ini akan menjadi cikal bakal kampung perikanan dan pertanian di Kabupaten OKU," ujar Teddy.

BACA JUGA:Panorama Keindahan Pemandian Air Panas dan Damar Wulan Bondowoso

BACA JUGA:Baca Ini untuk Kalian yang Malas Mandi

Teddy menambahkan, ia sengaja meninjau secara langsung progres kampung perikanan ini. Pemkab OKU bersama masyarakat akan bergerak bersama untuk mewujudkan kampung perikanan ini. "Kita semua akan bergerak, termasuk masyarakat juga akan terlibat dalam kampung perikanan ini. Dengan harapan kampung perikanan ini dapat menekan angka inflasi di Kabupaten OKU," ungkapnya.

Ada 30 kolam di demplot percontohan kampung perikanan di Desa Martajaya Kecermatan Lubuk Raja, masing masing kolam berukuran 5 x 10 meter yang diisi ribuan bibit ikan gabus.

"Saat ini umur ikan bervariasi dari 1-3 bulan. Ke depan Kampung perikanan ini akan menjadi penggerak roda perekonomian dan mengangkat harkat dan martabat masyarakat di Lubuk Raja ini, termasuk menekan masyarakat miskin ekstrim," tegasnya.

Bukan hanya di Kecamatan Lubuk Raja ini saja, nantinya budi daya kampung perikanan ini akan kita coba di seluruh daerah di OKU. Dengan harapan masyarakat OKU bisa lebih produktif atau menjadi produsen bukan menjadi konsumtif. "Ini hanya percontohan saja, kita akan coba di seluruh Kecamatan di OKU. Dengan harapan hasil akhirnya nanti kesejahteraan masyarakat OKU bisa terwujud," pungkasnya.

BACA JUGA:Baca Ini untuk Kalian yang Menyepelekan Bahaya Tepung

BACA JUGA:Tips Menjadi Pembawa Acara yang Sukses

Untuk di ketahui, kampung perikanan ini telah dibuat sejak November 2022 lalu. Awalnya kampung perikanan ini akan dibuat di lokasi lain namun lokasi itu tidak memungkinkan sehingga dipindahkan ke lokasi yang ada saat ini. Proses pemindahan lokasi ini memakan waktu yang cukup lama. Kampung perikanan ini sebagai bentuk dukungan Kabupaten OKU terhadap program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan yang dicanangkan Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru. 

Tak hanya kolam ikan gabus saja, demplot percontohan kampung perikanan ini dibuat dengan sistem tumpang sari. Di mana di lokasi juga ditanami sayuran seperti tanaman cabai, tomat, terong, dan lainnya yang bisa menambah penghasilan masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv