Puncak Hari Santri Nasional 2023 di Muba, Galang Donasi dan Lelang Lukisan Peduli Palestina

Puncak Hari Santri Nasional 2023 di Muba, Galang Donasi dan Lelang Lukisan Peduli Palestina

Puncak Hari Santri Nasional 2023 di Kabupaten Muba diramaikan dengan aksi galang donasi dan lelang lukisan Peduli Palestina, Rabu (8/11/2023).--Dokumentasi Diskominfo Muba

MUSI BANYUASIN, PALTV.CO.ID - Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) menjadi momen meriah dengan kehadiran sekitar 15.000 santri dari seluruh Kabupaten Muba.

Acara ini ditandai dengan upaya penggalangan donasi dan lelang lukisan kaligrafi serta potret tokoh-tokoh yang digelar di Stable Berkuda Kota Sekayu, Muba pada hari Rabu, 8 November 2023.

Pendapatan dari kegiatan donasi dan lelang lukisan tersebut terhimpun dana mencapai Rp56.762.000.

Dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia, Prof Dr Muhadjir Effendy MAP, turut hadir dan memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Muba atas inisiatif penggalangan dana Peduli Palestina selama Peringatan Hari Santri Nasional.

BACA JUGA:Tanam Bawang Merah, Petani Desa Tungku Jaya OKU Raup Ratusan Juta Rupiah Per Hektare


Menko PMK Prof Dr Muhadjir Effendy MAP memberikan apresiasi kepada Pemkab Muba atas inisiatif penggalangan dana Peduli Palestina selama Peringatan Hari Santri Nasional, Rabu (8/11/2023).--Dokumentasi Diskominfo Muba

Muhadjir Effendy menyoroti pentingnya Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren sebagai pengakuan resmi negara terhadap lembaga pendidikan pesantren.

Ia juga menekankan bahwa Undang-Undang tersebut menggarisbawahi keunikan pesantren dalam dunia pendidikan.

"Selain itu, Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 juga telah mengukuhkan hal ini. Oleh karena itu, kita seharusnya bersyukur dan bangga karena pemerintah sangat memperhatikan umat Islam dan Pondok Pesantren di Indonesia. Saya berpesan kepada para santri untuk terus semangat menuntut ilmu. Sebagai santri harus sehat, cerdas, kuat, dan berakhlakul karimah," ujar Menteri Muhadjir Effendy.

Pj Bupati Muba H Apriyadi Mahmud menekankan bahwa Peringatan Hari Santri Nasional adalah kesempatan untuk memperkuat hubungan dan semangat persatuan antara santri, kiai, ulama, serta seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

BACA JUGA:Naflo Bocah 9 Tahun Tenggelam di Sungai Enim Selepas Berenang Bersama 4 Bocah Lainnya


Dari kegiatan donasi dan lelang lukisan Peduli Palestina pada acara Hari Santri Nasional di Kabupaten Muba terhimpun dana mencapai Rp56.762.000, Rabu (8/11/2023).--Dokumentasi Diskominfo Muba

"Kami mengajak para santri yang mondok untuk menjaga persatuan, kesatuan dan kekompakan. Kami berharap tidak ada konflik sosial, terutama di antara umat Muslim maupun non-Muslim, sehingga Kabupaten Muba tetap menjadi tempat tanpa konflik sosial," tambah Pj Bupati Apriyadi.

Apriyadi juga mengajak para santri untuk menjadi sumber ketenangan dan kedamaian di tengah masyarakat, serta mewaspadai provokasi dan pengaruh kondisi saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv