Festival Siguntang 2023: Mempromosikan Kearifan Budaya Palembang

Festival Siguntang 2023: Mempromosikan Kearifan Budaya Palembang

Festival Siguntang 2023: Mempromosikan Kearifan Budaya Palembang--Foto : Aji Delia - PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumatera Selatan menggelar Festival Siguntang 2023 dengan tujuan mendorong pelestarian budaya dan Pariwisata PALEMBANG.

Acara Festival Siguntang 2023 ini berlangsung mulai dari 7 hingga 9 November 2023 di Taman Bukit Siguntang, Palembang, dengan tema "Gemilang Sriwijaya dari Bukit Siguntang."

Kepala Disbudpar Sumsel, Aufa Syahrizal, berharap bahwa Festival Siguntang 2023 ini dapat menjadi agenda rutin tahunan.

Untuk mendukung pelestarian budaya yang telah tumbuh dan berkembang sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. Bukit Siguntang sendiri memiliki peranan penting dalam sejarah Provinsi Sumatera Selatan.

BACA JUGA:Minimalisir Ancaman dan Hambatan Pemilu 2024, Kejati Sumsel Bentuk 16 Posko Pemiilu Serentak.

Aufa menjelaskan bahwa pihaknya secara konsisten berupaya mengangkat budaya sejarah dan kearifan lokal di provinsi ini yang terdiri dari 17 kabupaten dan kota. Salah satu langkah yang diambil adalah melalui penyelenggaraan Festival Siguntang.

Dalam rangka menyemarakkan festival ini, masyarakat Palembang dan pecinta seni serta budaya diundang untuk berpartisipasi dan menghadiri berbagai acara selama tiga hari.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan selama Siguntang Festival mencakup lomba tari bakiak, dulmuluk, 'Stand Up Comedy' dalam bahasa Palembang, pertunjukan pantun, peragaan busana khas daerah Sumsel, dan beragam pertunjukan seni dan budaya.

Diharapkan festival ini dapat menjadi wadah untuk menampilkan keberagaman budaya asli Sumsel dan mempromosikan kekayaan budaya mereka kepada daerah lain.

BACA JUGA:Korupsi Anak PT Semen Baturaja, Eks Dirut PT Baturaja Multi Usaha, Laurance Sianipar Dituntut 8 Tahun Penjara

Ini merupakan langkah penting dalam mendukung pariwisata dan pelestarian budaya Palembang serta Provinsi Sumatera Selatan secara keseluruhan.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv.co.id