Waspadai Tanda Diabetes pada Anak! Umur 9 Tahun, Anak Tike Priatnakusumah Divonis Diabetes Militus

Waspadai Tanda Diabetes pada Anak! Umur 9 Tahun, Anak Tike Priatnakusumah Divonis Diabetes Militus

BACA JUGA:Stop Repot Bersihkan Debu di Rumah! Xiaomi Meluncurkan Robot Vacuum E10 - Pakar Pembersih Lantai

Alhasil, anak jadi mudah terserang berbagai penyakit, termasuk diabetes.

Dokter Piprim itu pun mengingatkan kembali agar orang tua sebaiknya memberikan makanan yang lebih alami pada anak-anak. Makanan tersebut bisa berupa sayuran dan rebus-rebusan.

Hindari jajanan diluar apalagi minuman manis, minum susu pun sebaiknya melihat dahulu kadar gula yang terkandung di dalam nya.

Diabetes bisa disebut induk sebuah penyakit, karena bisa menyebar ke organ tubuh yang lain.

BACA JUGA:Keindahan Alam, Seni dan Kebudayaan yang Sublim di Monkey Forest Ubud Bali

Cara untuk mencegah diabetes adalah :

1. Rutin Berolahraga. Sepertinya sepele, namun olah raga atau melakukan gerakan gerakan tubuh menjadi pilihan tepat untuk membakar kalori agar tidak berubah menjadi gula. Terlenih dengan pola makan yang banyak karbohidrat seperti roti yang paling banyak disukai anak-anak.

2. Menjaga berat badan agar tetap ideal. Usahakan tidak alami obesitas atau kegemukan. Meskipun badan kurus tidak menjamin seorang anak bebas dari diabetes. Untuk itu perlu pemeriksaan jika terdapat gejala kurang sehat pada anak.

3. Menerapkan pola makan yang sehat. Usahakan, anak dibatasi untuk mengemil makanan ringan yang rata-rata mengandung gula. Terlebih jajanan yang disukai anak anak seperti ice cream, coklat, snack manis dan lainnya.

BACA JUGA:Ga Perlu Obat Kimia, Dokter Zaidul Akbar Sarankan Ini Ketika Dilanda Batuk Pilek

4. Melakukan pengecekan darah secara rutin. Penting dilakukan, untuk menghindari penyakit yang kronis karena terlambat di deteksi.

5. Tidak stress. Usahakan anak tidak tertekan karena lingkungan. Baik dari orang tua teman atau lingkungan sekolah.

6. Rajin minum air putih. Usahakan membawa air putih di dalam botol. Sehingga anak-anak akan terbiasa tidak jajan minuman kaleng atau minuman kemasan yang rata-rata mengandung pemanis buatan. Perhatikan sejak dini kesehatan anda dan anak, gaya hidup yang sehat dapat menjauhkan anda dari segala penyakit.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber