Video: Berbuka Puasa dengan Gurihnya Laksan Kuah Susu

Video: Berbuka Puasa dengan Gurihnya Laksan Kuah Susu

Kuliner Palembang. Laksan kuah susu menu pilihan berbuka puasa.-Sandy Pratama-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Kota PALEMBANG memiliki beragam kuliner khas yang kerap dijadikan favorit warganya sebagai menu takjil berbuka puasa, salah satunya adalah laksan.

Namun, jika biasanya laksan disajikan dengan kuah kental dari santan, di tangan Inge Dewiyanti, warga Jalan Nias Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang, laksan justru disajikan dengan kuah susu atau lebih dikenal dengan laksan kuah susu.

Pembuat laksan kuah susu, Inge Dewiyanti mengatakan, berbeda dengan laksan pada umumnya, rasa dari laksan kuah susu ini lebih gurih dan tidak belemak tak seperti menggunakan santan.

Sejauh ini, respon pembeli cukup baik terutama pada momen Ramadan. Dalam satu hari, sepuluh hingga seratus porsi laksan kuah susu dapat terjual, baik secara online maupun offline, dengan harga Rp25.000 per porsi.

BACA JUGA:Video: Jimbaran Ala Sekayu, Rekomendasi Tempat untuk Berbuka Puasa

BACA JUGA:Video: LPK Anak Palembang Gelar Pesantren Kilat Ramadan

“Kalau santan dia berlemak ya, kalau ini (susu) tidak. Lebih soft lebih smooth, rasanya lebih nyamanlah di lidah. Kalau hari biasa kita tu bisa sepuluh sampai seratus porsi. Tergantunglah ya. Misalnya ada orderan catering, kita bisa sampai seratus porsi  per hari. Tapi kalau untuk menjelang bulan Ramadan itu kita biasanya laksan, celimpungan kebanjiran orderan. Kalau kita proses produksi ya kalau khusus untuk laksan ini bisa dua sampai tiga kilogram ikan. Berarti itu bisa jadi 100 sampai 150 porsi. Untuk laksan susu kita jual Rp25.000 per porsi, isinya lima irisan laksan,” jelas Inge.

Untuk membuat laksan kuah susu hampir sama seperti membuat laksan pada umumnya. Yang membedakannya adalah penggunaan santan diganti dengan susu evaporasi.

Nah, berikut ini langkah-langkah membuat laksan kuah susu:

  • Olahan laksan dengan daging ikan giling dan sagu direbus hingga matang selama kurang lebih 15 menit.

BACA JUGA:Menjaga Toleransi Antarumat Beragama Kunci Membangun Bangsa

BACA JUGA:5 Manfaat Gambir yang Mampu Mengatasi Masalah Kecantikan Wajah

  • Kemudian buat kuah dengan menumis bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, jahe, laos, dan cabai merah dengan daun salam dan sedikit air.
  • Setelah mendidih, tambahkan garam, gula, penyedap rasa dan susu evaporasi.
  • Tunggu hingga mendidih dan masukkan potongan laksan.
  • Tunggu hingga mendidih kembali dan laksan pun siap dihidangkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv