Pemkot Medan Targetkan Revitalisasi 4 Sarana Olahraga

Pemkot Medan Targetkan Revitalisasi 4 Sarana Olahraga

Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau sarana olahraga yang direvitalisasi.--instagram.com/@bobbynst

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Pemerintah Kota Medan (Pemkot) melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) targetkan akan merevitalisasi empat sarana olahraga di Medan. Pihak Pemkot Medan menargetkan pengerjaan ini akan rampung di tahun ini.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan Pulungan Harahap mengatakan, empat sarana olahraga yang akan direvitalisasi, yakni Lapangan Gajah Mada, Sarana olahraga Lapangan Cadika, Stadion Teladan dan Stadion Kebun Bunga. Pemkot Medan mengatakan, revitalisasi ini dilakukan untuk PON 2024 mendatang yang akan dilaksanakan di Medan.

Kadispora Kota Medan itu menyebutkan, Lapangan Gajah Mada akan selesai setelah Idul Fitri 1444 Hijriah. Dikatakan, revitalisasi Lapangan Gajah Mada ini resmi menggunakan dana corporate social responsibility (CSR) dari pihak swasta dengan jumlah dana mencapai Rp57 miliar. Lanjut, Pulungan menjelaskan bahwa pihak perusahaan yang mengerjakan seluruhnya dan Pemkot Medan hanya menerimanya setelah selesai, bahkan pihaknya tidak menerima uangnya.

Di Lapangan Gajah Mada sendiri akan disiapkan fasilitas berupa mini soccer, jogging track, panjat tebing, takraw, tempat bermain, kafe, dan tempat pelaku UMKM serta kantor pengelola. Kadispora itu menyebutkan, lapangan takraw dibuat karena pihaknya menerima informasi bahwa atlet takraw banyak berasal dari Medan Utara.

BACA JUGA:5 Manfaat Gambir yang Mampu Mengatasi Masalah Kecantikan Wajah

BACA JUGA:Tips Memilih Alpukat Matang yang Benar

Sementara itu, dikabarkan revitalisasi Lapangan Cadika masih dalam tahap master plan dan revisi. Diketahui revitalisasi ini diperhitungkan akan menghabiskan anggaran sekitar Rp20-25 miliar. Pemkot Medan juga mengharapkan revitalisasi ini ada bantuan dari CSR, dan kemungkinan besar sudah ada pihak swasta yang bersedia.

Dalam Lapangan Cadika ini ada beberapa sarana olahraga yang dipertahankan, seperti sepatu roda, open stage, tempat berkemah, skateboard, satu lapangan sepak bola dengan tata letak yang diubah, lapangan futsal, lapangan berkuda yang diberi atap serta lapangan tembak untuk Pekan Olahraga Nasional (PON).

Kemudian, yang juga saat ini sedang dalam pengerjaan yaitu Stadion Kebun Bunga yang ada di Jalan Candi Prambanan. Akan ada gedung olahraga mini yang akan dibangun dengan kapasitas seribu orang dan akan disediakan seukuran lapangan bola yang dapat digunakan untuk berbagai acara. Beberapa fasilitas yang dipertahankan seperti tujuh lapangan tenis dan lapangan sepak bola, ada juga fasilitas baru yang dibuat seperti lapangan voli. 

Lalu, untuk revitalisasi Stadion Teladan akan diambil alih oleh pihak Kementrian PUPR. Pulungan mengatakan, pihaknya baru menerima informasi dari Kementrian PUPR bahwa Stadion tersebut akan dijadikan lokasi penutupan PON. Dana dalam pengerjaan revitalisasi ini akan bersumber dari APBN 2023 dengan kisaran dana sebesar Rp600 miliar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber