Meningkatkan Minat Baca Masyarakat, Bunda Literasi Sumsel Gagas Pojok Baca di Desa OKU Timur

Meningkatkan Minat Baca Masyarakat, Bunda Literasi Sumsel Gagas Pojok Baca di Desa OKU Timur

Bunda Literasi OKU Timur dr Sheila Noberta Saat Meninjau Pojok Baca di Desa Karang Tengah Kecamatan Buay Madang Timur.-Foto/Elvandri Jefriadi-PALTV

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Guna memicu minat baca masyarakat, Bunda Literasi OKU Timur dr Sheila Noberta menggagas adanya Pojok Baca di seluruh desa di Kabupaten OKU Timur.

Dengan meningkatnya minat baca, diharapkan dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat.

Pojok baca saat ini sudah tersebar di seluruh desa di Kabupaten OKU Timur.

Seperti pojok baca yang terdapat di Desa Karang tengah, di pojok baca tersebut tersedia berbagai buku bacaan yang bermanfaat, antara lain buku yang menjelaskan bagaimana beternak lele, buku budidaya ikan hias, buku tentang bagaimana cara berwirausaha dan lain lain.

BACA JUGA:Mata Berkaca-kaca Iringi Kebahagiaan Keluarga Supendri setelah Menjadi Penerima Bantuan Rumah Tidak Layak Huni

Menurut bunda literasi Desa Karang Tengah, Dwi Riani, manfaat adanya pojok baca di Desa Karang Tengah Kecamatan Buay Madang Timur Kabupaten OKU Timur saat ini sudah dirasakan.

Dengan membaca, salah satu masyarakat Desa Karang Tengah akhirnya dapat membuka peluang usaha sendiri dengan beternak bebek petelur.

“Alhamdulilah adanya pojok baca ini berimbas positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Desa Karang Tengah.

Salah satunya terciptanya peluang usaha baru peternakan bebek petelur yang berdiri di Desa Karang Tengah dari hasil belajar beternak bebek petelur melalui buku yang ada di pojok baca Desa Karang Tengah,” ungkap Dwi Riani pada hari Jum’at (27/10/2023).

BACA JUGA:Buntut Kasus Prank Panti Asuhan Elnusa Oleh Sales Produk Makanan, Dinsos Musi Banyuasin Angkat Bicara!

Hal senada juga disampaikan oleh Bunda Literasi Kabupaten OKU Timur dr Sheila Noberta saat ditemui di sela sela kunjungannya meninjau pojok baca di Desa Karang Tengah.

Menurutnya, buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, diharapkan dapat menambah pengetahuan masyarakat sehingga masyarakat dapat menciptakan peluang usaha baru untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Dengan membaca kita bisa tau bagaimana cara beternak lele, cara beternak ayam dan lain lain. Dengan pengetahuan yang didapat dari membaca itulah, masyarakat  bisa membuka usaha baru yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” tutupnya.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: paltv