Berikut Jenis-Jenis Angkatan dalam Olahraga Angkat Besi

Berikut Jenis-Jenis Angkatan dalam Olahraga Angkat Besi

Olahraga angkat besi.-GlobalStock-pixabay.com/GlobalStock

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Olahraga angkat besi adalah olahraga yang cukup sulit untuk dilakukan. Dalam olahraga ini sang atlet harus mengangkat beban yang disebut barbel. Barbel yang digunakan biasanya terbuat dari besi dan berbentuk bulat pipih dengan berat yang berbeda-beda.

Ketika melakukannya juga memerlukan kekuatan, konsentrasi, ketahanan, keseimbangan, teknik, mental, kemampuan, dan kedisiplinan. Apabila sang atlet tidak memiliki kemampuan yang cukup akan berakibat fatal yang berujung cedera.

Olahraga angkat besi dapat dilakukan oleh atlet pria dan wanita dan memiliki jenis angkatan yang berbeda. Pada setiap angkatan dalam olahraga ini memiliki teknik atau cara yang berbeda. Untuk jenis angkatan itu sendiri tebagi menjadi dua, yakni Snatch dan Clean and Jerk. Berikut penjelasan mengenai kedua jenis angkatan tersebut.

Snacth

BACA JUGA:Hidung Anda Mengeluarkan Darah? Cara Cepat Menghentikan Mimisan

BACA JUGA:5 Jenis Bahan Pengawet Alami Makanan yang Aman untuk Dikonsumsi

Yang pertama ada Snatch, jenis angkatan ini merupakan jenis angkatan yang harus dilakukan dengan tanpa jeda. Atlet harus melakukan angkat beban dari lantai dengan tanpa menekuk lutut sampai kedua tangan bisa mengangkat barbel dengan lurus sampai ke atas kepala dengan posisi berdiri sempuna. Posisi tersebut harus ditahan hingga beberapa detik atau sampai wasit membunyikan bel yang menandakan bahwa angkatan tersebut sudah dengan sah dilakukan.

Nah, untuk langkah-langkah dalam melakukan jenis angkatan Snatch dapat dilakukan sebagai berikut.

  1. Berdiri di depan barbel yang terletak di lantai.
  2. Kemudian regangkan kaki selebar bahu.
  3. Berdiri dengan posisi seperti saat jongkok.
  4. Mulai memegang erat pegangan barbel.
  5. Posisikan pinggang dengan tegak ka atas.
  6. Dada busung ke depan.
  7. Rilekskan lengan.
  8. Mulai mengangkat beban perlahan sampai seimbang lutut.
  9. Saat seimbang dengan lutut, lalu lakukan gerakan seperti tiba-tiba dengan mengangkat barbel sampai melewati atas kepala.

BACA JUGA:Manfaat Jus Kurma bagi Kesehatan dan Cara Mengolahnya

BACA JUGA:Fakta Dibalik Menggoreng Menggunakan Air Fryer

Clean and Jerk

Yang kedua ada Clean and Jerk, yang mana maksudnya adalah atlet harus bisa mengangkat barbel dalam dua tahap yang telah ditentukan. Tahap pertama ialah harus dilakukan dengan mengangkat beban dengan posisi jongkok dari lantai sampai batas dada.

Lalu tahap kedua, dengan jeda sebentar untuk mengambil ancang-ancang dan dilanjutkan dengan mengangkat barbel sampai kedua tangan lurus ke atas kepala dengan posisi berdiri yang sempurna selama beberapa detik. Posisi tersbut ditahan hingga juri membunyikan bel yang menandakan bahwa angkatan telah sah dilakukan.

Nah, untuk langkah-langkah dalam melakukan jenis angkatan Clean and Jerk dapat dilakukan sebagai berikut.

Sumber: berbagai sumber