Inspirasi Menu Takjil, Es Pisang Ijo

Inspirasi Menu Takjil, Es Pisang Ijo

Inspirasi Menu Takjil, Es Pisang Ijo--cookpad.com

8. ¼ sendok teh garam

Bahan-bahan saus

1. 600 ml santan

2. 40 gram tepung beras

3. 4 sendok makan gula pasir

4. ¼ sendok teh garam

5. Daun pandan secukupnya

Bahan pelengkap

1. Susu kental manis

2. Sirup

3. Es batu

Cara membuat:

Tuangkan seluruh adonan pisang hijau selain pisangnya kedalam satu wadah, kemudian aduk menggunakan pengaduk sampai merata lalu dituang kedalam panci kukusan dan dikukus selama 15 menit hingga adonan matang, lalu dinginkan adonan sampai dapat dipegang. Setelah dingin, kalian dapat menguleni adonan tadi hingga kalis kemudian dibagi menjadi enam adonan dan dipipihkan.

Setelah selesai, letakkan pisang yang sudah dikukus diatas adonan yang sudah dipipihkan tadi dan digulung serta rapatkan ujungnya. Setelah itu dapat kalian kukus menggunakan kukusan tadi yang dasarnya sudah dilapisi dengan daun pisang selama 10-15 menit hingga matang. Setelah matang, langsung diangkat dan didinginkan.

Untuk membuat sausnya, kalian dapat melarutkan 200 ml santan dan tepung beras dalam wadah. Kemudian panaskan sisa santan bersamaan dengan gula, garam, dan daun pandan yang sebelumnya sudah diikat hingga mendidih sambil terus diaduk. Lalu tuangkan larutan santan dan tepung beras tadi dan dimasak hingga mengental. Setelah matang tinggal didinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: resepkoki.id