Viral! Tumis Batu, Makanan Paling Unik dari China

Viral! Tumis Batu, Makanan Paling Unik dari China

Viral! Tumis Batu, Makanan Paling Unik Dari China.--(sumber foto: instagram @ytxiexie)

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Banyak sekali makanan unik yang berasal dari Negeri China, salah satunya yaitu Soudiu.

Soudiu adalah makanan unik dari China yang terdiri dari berbatuan kecil disungai yang ditumis dengan campuran rempah–rempah dan bumbu.

Sebuah sensasi kuliner baru kini tengah digandrungi warga Negeri Tiongkok tersebut. Karena akhir-akhir ini banyak sejumlah video yang menunjukkan penikmat kuliner menikmati hidangan bernama soudiu yang kini banyak bermunculan di berbagai sosial media.

Soudiu merupakan makanan yang bebentuk tumisan yang terbuat dari batu. Makanan ini bisa ditemui di berbagai lapak street food. Jika diterjemahkan, soudiu artinya hisap dan buang, di Sungai Yangtze lah batu ini ditemukan.

BACA JUGA:India Lanjutkan Kirim Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina

Cara menyantap dan menikmati makanan ini pun juga termasuk unik, yaitu dengan cara dihisap. Dan setelah bumbunya sudah terasa hambar baru batu tersebut dibuang.

Setelah itu, mereka yang telah selesai menikmati jajanan tersebut dapat menyimpan batu itu kembali dan memasaknya sesuai dengan apa saja yang di inginkannya.

Soudiu diyakini telah ditemukan pada ratus tahun yang lalu oleh salah satu tukang perahu yang saat itu terdampar di tengah sungai.

Ia kehabisan stok makanan saat berkerja mengantarkan barang, dan pada saat itu ia tidak bisa menemukan makanan apapun di sungai.

BACA JUGA:Pohon Angsana Tua Depan UPTD BLK Disnakertrans Sumsel Tumbang, Jalan Macet Total

Hingga akhirnya, untuk mengelabui perut mereka, akhirnya mereka pun menumis beberapa kerikil sungai dengan berbagai bumbu.

Dan kemudian menyedot batu-batu itu sampai kering. Dengan memakan dan menghisap di soudiu, si pemakan akan mendapatkan rasa ikan yang dipadukan dengan bumbu yang sangat khas. Rasanya pun terkadang mirip dengan wine.

Makanan unik ini dapat anda beli dengan harga 16 yuan atau sekitar 30.000 rupiah. Dari hal ini, banyak orang yang mengatakan bahwa makanan ini adalah makanan terawet yang ada di dunia. 

Tak hanya itu, para warganet pun terpukau dengan kenikmatan dari batu ini dan menjuluki ini adalah hidangan terkeras yang ada di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber