Keindahan dan Keunikan Gunung Sinabung, Puncak Tersohor dari Sumatera Utara

Keindahan dan Keunikan Gunung Sinabung, Puncak Tersohor dari Sumatera Utara

Keindahan dan Keunikan Gunung Sinabung, Puncak Tersohor dari Sumatera Utara--merbabu.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Gunung Sinabung adalah salah satu dari banyaknya gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung Sinabung ini masih memiliki status gunung aktif yang tepatnya berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara sampai saat ini.

Perlu kalian semua ketahui bahwasannya Gunung Sinabung ini memiliki tingkat erupsi yang cukup tinggi maupun dahsyat disbanding gunung lainnya yang terdapat di Sumatera Utara.

Akan tetapi, meskipun letusannya begitu dahsyat, Gunung Sinabung ini menjadi salah satu wilayah favorit khususnya bagi para pendaki gunung. Gunung Sinabung ini menjadi salah satu tujuan utama pendaki ketika berada di Sumatera Utara dikarenakan pesona alam dan keindahan yang terpancar sangatlah menakjubkan.

Gunung Sinabung ini mempunyai ketinggian mencapai 2.451 Mdpl serta diketahui sejak tahun 1600 tidak pernah Meletus. Akan tetapi pada tahyn 2010, tahun 2013, dan tahun 2016 Gunung Sinabung ini kembali aktif dan juga erupsi.

BACA JUGA:Jangan Terlalu Sering Menggunakan Hair Dryer, Ini Bahayanya

BACA JUGA:Jangan Lagi Buang Tinta Cumi, Ini Manfaatnya

Letak ataupun keberadaan dari Gunung Sinabung ini memiliki beragam fakta menarik di dalamnya seperti Gunung Sinabung ini mengisi daftar gunung mati di Indonesia tepatnya sesudah letusan terakhir pada tahun 1600. Akan tetapi, gunung ini kembali menjadi gunung yang aktif serta mengalami letusan pada tahun 2010.

Keunikan lainnya terlihat dari letusan yang terjadi di Gunung Sinabung ini asalnya bukan dari puncak gunung melainkan dari bagian samping gunung. Selanjutnya, masyarakat setempat sangat mewaspadai Gunung Sibayak karena dianggap sebagai gunung api yang aktif, uniknya bukan Gunung Sibayak yang Meletus, melainkan Gunung Sinabung.

Keunikan yang terakhir terlihat dari Gunung Sinabung ini pernah memecahkan rekor gunung api yang berada di Indonesia dengan erupsi terlama yang sebelumnya diraih oleh Gunung Bromo dimana erupsi tersebut berlangsung setidaknya selama 7 bulan.

Ketika kalian tertarik untuk mendaki Gunung Sinabung ini tentu saja yang awal dipertanyakan mengenai alur pendakian. Terdapat 2 alur pendakian yang dapat dipakai oleh para pendaki ketika ingin menikmati puncak dari Gunung Sinabung ini. 

Jalur pendakian yang pertama dimulai dari melalui Danau Lau Kawar, jalur danau ini biasanya banyak di pilih dan dipakai para pendaki karena mereka menganggap jalur ini lebih cepat untuk sampai ke puncak gunung.

Jalur pendakian kedua yakni melalui sebuah desa yang bernma Desa Mardinding yang memiliki medan pendakian lebih terjal dan curam dibandingkan jalur satunya. Karena jalur yang cukup terjal inila membuat jalur ini jarang dipilih para pendaki.

Ketika berwisata ke Gunung Sinabung ini, para wisatawan akan dibuat terkesima dan kagum oleh keindahan serta nuansa alam yang cukup asri disertai dengan pemandangan desa yang khas. Karena nuansa keasrian serta nuansa desa di kawasan ini masih sangat kental membuat para pendaki betah ketika berada di sana.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: merbabu.com