Jangan Lagi Buang Tinta Cumi, Ini Manfaatnya

Jangan Lagi Buang Tinta Cumi, Ini Manfaatnya

Jangan Lagi Buang Tinta Cumi, Ini Manfaatnya--sehatq.com

PALEMBANG, PALTV.CO.ID - Cumi-cumi adalah salah satu makanan laut yang paling banyak memiliki peminat selain udang, kerang, lobster, dan lain-lainnya. Cumi-cumi juga adalah salah satu makanan laut yang dapat dengan mudah ditemukan baik itu di pasar tradisional maupun di pasar modern.

Banyak sekali olahan makanan lezat yang menggunakan cumi-cumi sebagai bahan utamanya mulai dari cumi saus tiram, cumi goreng tepung, sambal cumi asin, dan masih banyak lagi olahan makanan lezat dari cumi-cumi. Oleh sebab itulah cumi-cumi diminati banyak orang.

Dalam kehidupan di laut, cumi-cumi memiliki cara tersendiri untuk melindungi dirinya apabila ia sedang merasa terancam bahaya. Caranya melindungi diri adalah mengeluarkan tinta cumi-cumi yang bewarna hitam pekat sehingga cumi-cumi dapat mengelabui musuh dan berlari menghindari musuhnya.

Saat ingin mengolah cumi-cumi, banyak dari kita yang membuang tinta cumi-cumi ini karena beranggapan bahwa tinta cumi-cumi adalah suatu hal yang kotor yang dapat membahayakan kesehatan. Selain itu pula warna hitam pada tinta cumi-cumi ini akan merusak penampilan makanan kita dan terlihat kotor.

BACA JUGA:Mitos Mengenai Haid yang Sering Kita Dengar, Bagaimana Faktanya?

BACA JUGA:Amalan yang Dapat Dilakukan Menjelang Bulan Ramadhan

Namun kenyataannya, tinta cumi-cumi kaya akan manfaat karena mengandung banyak senyawa serta nutrisi didalamnya. Warna hitam pada tinta cumi-cumi ini berasal dari melanin yaitu pigmen alami yang sama dengan zat pemberi warna pada kulit dan ramut kita.

Selain itu pula, pada tinta cumi-cumi mengandung enzim, hormon protenin, serta asam amino penyusun protein. Oleh sebab itu sangat disayangkan apabila kalian membuang tinta cumi ini.

Manfaat dari tinta cumi yang jarang diketahui antara lain:

1. Sumber antioksidan

Antioksidan sendiri merupakan senyawa yang melawan molekul berbahaya yaitu radikal bebas pada diri kita. Terlalu banyaknya radikal bebas dalam tubuh akan membuat kerusakan sel pada tubuh dan meningkatkan resiko penyakit kronis dalam tubuh seperti kanker, jantung, dan diabetes.

2. Menurunkan tekanan darah

Senyawa dalam tinta cumi dapat membantu melebarkan pembuluh darah sehingga akan menurunkan tekanan darah.

3. Membantu melawan kanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber