PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Artikel ini akan menjelaskan lima strategi efektif agar perusahaan pinjaman online (pinjol) tidak menghubungi kontak darurat saat Anda mengalami masalah dengan pembayaran.
Saat Anda mengajukan pinjaman dari pinjol, biasanya Anda diminta untuk menyertakan kontak darurat selain kontak pribadi yang aktif.
Penting untuk mengetahui cara-cara ini terutama jika Anda mengalami kesulitan dalam membayar pinjaman atau mengalami gagal bayar, terutama saat Anda mengajukan pinjaman melalui platform pinjaman online yang diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
Berikut adalah lima cara efektif agar pinjol tidak menghubungi kontak darurat Anda saat Anda mengalami masalah dengan pembayaran:
1. Pertimbangkan dengan Cermat Izin Akses Aplikasi
Saat pinjol meminta izin akses ke aplikasi Anda, jangan memberikannya secara sembarangan.
Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk menolak permintaan ini.
Memberikan izin akses dapat mengizinkan pinjol untuk mengakses semua data pribadi Anda, termasuk kontak yang ada dalam ponsel Anda.
2. Reset Pengaturan Perijinan
Salah satu cara efektif untuk menghindari pinjol menghubungi kontak darurat Anda saat Anda mengalami masalah pembayaran adalah dengan mereset perizinan aplikasi pinjol.
Anda dapat melakukannya dengan membuka pengaturan ponsel Anda, masuk ke menu aplikasi atau pengelola aplikasi, lalu pilih aplikasi pinjol yang Anda gunakan.
BACA JUGA:Hasil Audit BPKP: Dapen BUMN Mengalami Kerugian Capai Rp 300 Miliar Alkibat Salah Kelola
Setelah itu, atur ulang semua izin yang diberikan sehingga pinjol tidak memiliki akses ke data pribadi Anda.
3. Ancam dengan Tindakan Hukum