Survei Indikator Politik: Basis Pemilih Jokowi-Maruf Condong Dukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024

Minggu 23-07-2023,16:24 WIB
Reporter : Abidin Riwanto
Editor : Abidin Riwanto

PALEMBANG, PALTV.CO.ID- Berdasarkan hasil Survei Indikator Politik Indonesia terbaru, massa yang mendukung Joko Widodo (Jokowi) - Ma'ruf Amin di Pilpres 2019 cenderung mendukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

Meski terjadi penurunan dukungan terhadap Ganjar Pranowo dari daerah pemilihan Jokowi-Ma'ruf pada April 2023, Indonesia berhak menerima bola pada April 2023.

Sepakbola U-20 Dunia 2023. Namun, setelah Ganjar Pranowo mendapat tiket dari PDI-Perjuangan dan tidak ada pencalonan sendiri dengan calon lain, daerah pemilihan Pak Jokowi-Kiai Ma'ruf pulih, meski sebagian kecil mendukung Prabowo Subianto.

Sementara itu, sebagian pemilih Jokowi-Ma'ruf Amin juga mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024, namun porsinya cukup kecil, hanya sekitar 28,5%. Mungkin juga ada hubungannya dengan dukungan yang diberikan Presiden Jokowi kepada Prabowo di masa lalu. J

adi, menurut hasil survei, awalnya sekitar 55% pemilih inti Jokowi-Ma'ruf Amin dari hasil pemilu 2019, kemudian 28,5% pemilih berbalik mendukung Prabowo yang masih berada di urutan kedua.

BACA JUGA:Gerindra Mantapkan Dukungan pada Prabowo Subianto Meski Dihadapkan Isu HAM

BACA JUGA:Legenda Binaragawan Justyn Vicky Berpulang Setelah Mengangkat Beban 210 Kg

Survei ini bertajuk “Karier Tokoh Tingkat Nasional dan Dinamika Pemilu Sebelum Tahun 2024 di Mata Generasi Muda” dan dilakukan pada 20-24 Juni 2023.

Metode yang digunakan dalam survei ini adalah multi-tiered random sampling, dengan responden survei termasuk seluruh warga negara Indonesia yang berhak memilih dalam pemilu atau yang berusia di atas 17 tahun. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 1.220 orang.

Metode survei ini memiliki tingkat kesalahan sekitar 2,9% dengan tingkat kepercayaan 95%. Untuk memastikan kualitas hasil wawancara, supervisor melakukan random quality control pada 20% dari total sampel untuk responden terpilih (in situ testing). Selama kontrol kualitas, tidak ada kekurangan signifikan yang ditemukan.(*)

Kategori :