BACA JUGA:Nasi Gemuk Palembang Sarapan Gurih Penuh Tradisi dan Kehangatan Keluarga
BACA JUGA:Galaxy Tab A11 Usung Baterai Besar: Tablet Terjangkau dengan Daya Tahan Maksimal
Ketika NMAX terbaru diperkenalkan, pasar langsung terbelah menjadi dua kubu: mereka yang menyukai desain futuristiknya, dan mereka yang lebih memilih tampilan simpel ala generasi sebelumnya—bahkan ada yang beralih ke Honda PCX.
Dampaknya mulai terlihat: penjualan NMAX dikabarkan menurun, sementara PCX kembali melejit.
Yamaha selama ini dikenal sebagai produsen sepeda motor dengan segudang inovasi.--youtube fuse box moto
Fenomena ini cukup langka. Sejak 2018, Honda PCX hanya sekali menyalip penjualan NMAX, yakni sebelum lahirnya NMAX generasi kedua.
Setelah itu, NMAX berada di posisi tak tergoyahkan dalam segmen matic premium. Baru pada tahun 2025, PCX kembali mengungguli NMAX—tepat setelah generasi terbaru NMAX dirilis.
Yamaha sendiri belum pernah merilis angka resmi penjualan NMAX terbaru.
BACA JUGA:Microsoft Akan Memperkuat Chip AI-nya Dengan Teknologi OpenAI,
BACA JUGA:Galaxy Tab A11 Usung Baterai Besar: Tablet Terjangkau dengan Daya Tahan Maksimal
Produsen hanya menyebut penjualan masih sesuai target, pernyataan yang dianggap sebagian pihak sebagai indikasi bahwa angka tersebut tidak cukup kuat untuk dipublikasikan.
Kondisi ini diperburuk oleh penurunan pasar sepeda motor nasional hampir 2 persen menurut data GAIKINDO.
Desain Futuristik Dinilai “Terlalu Ribet”
Dari sisi tampilan, NMAX terbaru hadir dengan desain lebih agresif, sporty, dan futuristik. Namun sebagian konsumen menilai desain tersebut terlalu rumit dan kehilangan karakter simpel yang menjadi ciri khas dua generasi sebelumnya.
Proporsi bagian depan disebut kurang proporsional jika dilihat dari samping, sementara bagian belakang dinilai terlalu dipaksakan dengan stop lamp tipis dan lampu sein terpisah.
Desain yang membelah selera konsumen ini tampaknya menjadi salah satu faktor utama penurunan minat.