Langkah Usaha (Power Stroke): Busi memercikkan api, terjadi pembakaran, piston terdorong ke bawah menghasilkan tenaga.
Langkah Buang (Exhaust Stroke): Klep buang terbuka, piston naik dan mendorong sisa pembakaran keluar.
BACA JUGA:Menkum RI Lakukan Dialog Bersama Diaspora Indonesia di Saint Petersburg Rusia
BACA JUGA:Gereja Santo Yoseph Palembang Sambut dengan Sukacita Pelantikan Paus Leo XIV
Komponen Pendukung Sistem Klep. Kinerja klep tidak akan optimal tanpa dukungan komponen lain seperti:
Noken as (Camshaft): Mengatur waktu buka-tutup klep. Rocker arm: Penghubung antara camshaft dan klep.
Tappet/lifter: Menjaga celah ideal antara klep dan rocker arm. Push rod: Digunakan pada mesin OHV untuk mentransfer gerak camshaft ke rocker arm.
Penyebab Kerusakan Klep. Beberapa faktor utama penyebab kerusakan klep di antaranya: Overheating: Suhu mesin terlalu tinggi membuat klep cepat aus atau bengkok.
BACA JUGA:PLN UID S2JB Gerak Cepat Pulihkan Listrik di Sungai Penuh Pasca Robohnya Tower Transmisi
BACA JUGA:Trend HP Tipis Kembali Populer, Ini Kelebihan dan Kelemahannya
Kurangnya pelumasan: Oli berkualitas rendah atau volume oli yang tidak mencukupi mempercepat keausan termasuk telah menservis.
Tips Merawat Klep Motor
Agar klep selalu dalam kondisi baik, berikut langkah perawatan yang bisa dilakukan: Lakukan penyetelan celah klep secara berkala, idealnya setiap 5.000 hingga 10.000 km.
Gunakan oli mesin dengan spesifikasi yang direkomendasikan pabrikan serta Hindari memaksa motor saat kondisi overheat.