Indeks Bisnis UMKM BRI Triwulan III 2024, Ekspansi Melambat, Daya Beli Perlu Ditingkatkan!

Selasa 05-11-2024,14:30 WIB
Reporter : Abidin Riwanto
Editor : Abidin Riwanto

Informasi Survei Kegiatan Usaha dan Sentimen Bisnis UMKM

Survei ini melibatkan lebih dari 7.084 responden UMKM dari berbagai sektor dan provinsi di Indonesia.

Menggunakan metode stratified systematic random sampling, survei ini dilakukan oleh BRI Research Institute dari 20 September hingga 2 Oktober 2024.

Data yang diperoleh melalui wawancara telepon yang ketat ini mencerminkan pandangan pelaku UMKM terhadap perkembangan ekonomi dan kinerja usaha mereka.

Responden menjawab pertanyaan dengan kemungkinan memberikan jawaban positif, negatif, atau netral.

Indeks difusi dihitung berdasarkan selisih persentase jawaban positif dan negatif, memberikan gambaran yang jelas mengenai kondisi dan harapan pelaku UMKM terhadap bisnis mereka di masa depan.

Kategori :