38 Ribu Jiwa di Air Sugihan Kabupaten OKI Akan Nikmati Air Bersih

Sabtu 12-10-2024,21:59 WIB
Reporter : Novan Wijaya
Editor : Devi Setiawan

OKI, PALTV.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (Pemkab OKI) bersama PT OKI Pulp menandatangani kesepakatan bersama, terkait pemanfaatan intake pengolahan air bersih untuk Sarana Pengolahan Air Minum (SPAM) di Kecamatan Air Sugihan pada Jumat, (11/10/2024).

Pj Bupati OKI Asmar Wijaya menyampaikan bahwa pembangunan sarana air bersih bagi masyarakat di Kecamatan Air Sugihan sudah menjadi prioritas Pemkab OKI.

“Sejak mulai dibukanya trans Air Sugihan pada 44 tahun yang lalu, masyarakat di Kecamatan Air Sugihan belum mendapat akses air bersih. Sebanyak 38.000 warga Kecamatan Air Sugihan hinga kini mengandalkan air hujan atau membeli air layak minum dengan harga yang tinggi,” ucap Pj Bupati OKI Asmar Wijaya.

Rencana pembangunan SPAM Air Sugihan, jelas Asmar Wijaya, sudah dicanangkan oleh Bupati OKI Periode 2019-2024 Iskandar.

BACA JUGA:Pengusaha Barang Bekas di Palembang Kena Tipu Rekan Bisnis Puluhan Juta Rupiah

BACA JUGA:Masa Kampanye Pilkada Serentak 2024, Sejumlah Percetakan di Palembang Kebanjiran Pesanan

“Alhamdulilah, rencana pembangunan SPAM Air Sugihan ini juga didorong Bapak Ishak Mekki ke Kementerian PUPR RI melalui Komisi V DPR RI. Sehingga, pada bulan September yang lalu, tim dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Selatan bersama Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir melakukan survei kesiapan pembangunan Sarana Pengolahan Air Minum Air Sugihan,” ungkap Pj Bupati OKI Asmar Wijaya.

Asmar Wijaya kemudian menerangkan bahwa dari hasil survei kesiapan tersebut, untuk ketersediaan air baku dan intake disediakan oleh PT OKI Pulp. Sedangkan untuk Instalasi Pengelolaan Air (IPA) didukung oleh Kementerian PUPR RI.

Sementara untuk empat booster air serta ketersediaan perpipaan induk menuju jaringan distribusi, melalui APBD Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten OKI.

“Oleh karena itu pada kesempatan ini, kami mohon kepada Bapak Gubernur Sumatera Selatan supaya bisa dibantu oleh Pemprov Sumatera Selatan,” kata Pj Bupati OKI Asmar Wijaya.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmikan Istana Negara di Ibu Kota Nusantara

BACA JUGA:Pelimpahan 6 Tersangka Korupsi Pengelolaan Tambang Izin Usaha Pertambangan PT Andalas Bara Sejahtera

Menanggapi usulan itu, Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi menjanjikan akan mendukung melalui APBD Provinsi di Perubahan 2024 maupun Anggaran Induk 2025.

“Kami di Provinsi akan terus membantu kebutuhan-kebutuhan di daerah melalui APBD Provinsi,” kata Pj Gubernur Sumsel Elen Setiadi.

Selain itu, tambah Elen Setiadi, sebagai perwakilan Pemerintah pusat, Pj Gubernur Sumsel akan terus mengusulkan pembangunan daerah kepada Pemerintah pusat.

Kategori :