Iran Serang Israel, Kali Ini Pakai Rudal Balistik dan Senjata Canggih.

Rabu 02-10-2024,21:55 WIB
Reporter : Johanes
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Untuk Kedua Kalinya Iran Serang Israel, Kali Ini Pakai Rudal Balistik Dan Senjata Canggih. Pada bulan April 2024, Iran melakukan serangan rudal terhadap Israel, tetapi dampaknya dinilai tidak terlalu signifikan.

Namun, pada serangan kedua yang terjadi pada Selasa malam, 1 Oktober 2024, para ahli menilai bahwa serangan ini lebih besar dan kompleks dibandingkan sebelumnya.

Serangan kali ini melibatkan lebih banyak rudal balistik dan senjata canggih, yang memberi tekanan lebih besar pada sistem pertahanan rudal Israel.

Para analis yang dihubungi oleh Reuters menyatakan bahwa serangan kedua ini menggunakan rudal Fattah-1 dan Kheybarshekan milik Iran, yang memiliki jangkauan hingga 1.400 kilometer.

BACA JUGA:Retrofit Kendaraan Berat Lebih Efektif Kurangi Polusi Jakarta

BACA JUGA:Operasi Sinus Endoskopi Fungsional: Metode Pengobatan Sinusitis


diperkirakan Analis rudal Fattah-1 dan Kheybarshekan milik Iran--Foto : idf/ig

Kedua rudal ini didesain dengan kemampuan manuver yang tinggi dan bahan bakar padat, sehingga dapat diluncurkan tanpa peringatan panjang.

Rudal ini juga memiliki hulu ledak manuver yang mempersulit sistem pertahanan Israel dalam menangkis serangan.

Menurut Jeffrey Lewis, seorang pakar di bidang proliferasi senjata dari Pusat Studi Nonproliferasi James Martin di California, rudal-rudal tersebut bisa tiba dalam jumlah besar secara bersamaan, menciptakan tantangan besar bagi Israel untuk menangkalnya.

Dengan kemampuan manuver rudal, target dapat dihantam dengan lebih akurat, berbeda dari serangan April yang menggunakan rudal Emad berbahan bakar cair dengan tingkat kegagalan yang tinggi.

BACA JUGA:GWM Tank 300 HEV, SUV seharga Rp800 Jutaan Ternyata Segini Speknya

BACA JUGA:Setelah Kepergian Jafri Sastra, Latihan Tim Sriwijaya FC di Jakabaring Dipandu oleh Amirul Mukminin


Rudal jenis ini melesat dengan kecepatan tinggi --Foto : idf/ig

Pada serangan April, sebagian besar rudal yang digunakan adalah Emad, yang memiliki tingkat kegagalan sekitar 50 persen dan akurasi yang rendah.

Kategori :