Island hopping kegiatan favorit wisatawan di Pulau Lengkuas

Minggu 29-09-2024,23:02 WIB
Reporter : Erika Feby
Editor : Muhadi Syukur

Pulau Lengkuas dikelilingi oleh beberapa pulau kecil yang menawarkan kesempatan untuk melakukan aktivitas island hopping.

BACA JUGA:Pulau Bawah: Destinasi Eksklusif yang Memikat Wisatawan Dunia di Anambas

BACA JUGA:Daya Tarik dan Informasi Penting Kampoeng Wisata Cinangneng Bogor

Island hopping adalah aktivitas menjelajahi beberapa pulau dalam satu perjalanan, dan di sekitar Pulau Lengkuas ada beberapa pulau menarik seperti Pulau Pasir Timbul, Pulau Babi Kecil, Pulau Kelayang, dan Pulau Batu Berlayar. Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk mengelilingi pulau-pulau tersebut.

Island hopping ini biasanya menjadi kegiatan favorit wisatawan karena memberikan kesempatan untuk mengeksplorasi lebih banyak keindahan alam di sekitar Pulau Lengkuas.

Biaya sewa perahu untuk island hopping berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000, tergantung pada negosiasi dan durasi perjalanan.

Menariknya, tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi Pulau Lengkuas. Pengunjung bebas menjelajahi pulau ini tanpa dikenakan tiket masuk. Namun, jika ingin naik ke puncak mercusuar, Anda perlu membayar tiket sebesar Rp 5.000 per orang.

BACA JUGA:Menikmati Wisata Seru De Tjolomadoe

BACA JUGA:Puncak Tangke Tabu di Berastagi: Destinasi Wisata Alam yang Menawan dan Nyaman

Pulau ini buka selama 24 jam, sehingga pengunjung bisa datang kapan saja sesuai keinginan. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara bulan Maret hingga Desember, saat cuaca cerah dan ombak tidak terlalu besar, sehingga perjalanan laut menjadi lebih nyaman dan aman.

Untuk mencapai Pulau Lengkuas, wisatawan harus menyeberang menggunakan perahu dari beberapa titik di Pulau Belitung. Salah satu titik keberangkatan yang paling populer adalah Pantai Tanjung Kelayang.

Dari sini, perjalanan menuju Pulau Lengkuas memakan waktu sekitar 20 menit menggunakan perahu nelayan.

Bagi Anda yang mencari liburan yang menyatu dengan alam sekaligus ingin menikmati wisata sejarah, Pulau Lengkuas bisa menjadi pilihan yang sempurna. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera, karena banyak sekali spot menarik yang akan memanjakan mata dan cocok diabadikan dalam foto.

Kategori :