Jacksen F Tiago Calon Pelatih Sriwijaya FC, Mantan Pelatih Persipura dengan Segudang Prestasi

Sabtu 28-09-2024,17:23 WIB
Reporter : Dodi
Editor : Muhadi Syukur

PALTV.CO.ID - Jacksen F. Tiago atau Jacksen Ferreira Tiago, yang dikabarkan menjadi salah satu kandidat kuat sebagai pelatih baru Sriwijaya FC, menggantikan posisi Jafri Sastra. 

Setelah hasil kurang memuaskan dalam empat pertandingan terakhir, manajemen Sriwijaya FC dikabarkan akan segera melakukan perubahan di kursi kepelatihan. 

Saat ini, Sriwijaya FC masih berada di papan bawah klasemen sementara Liga 2 Grup A, dan Jafri Sastra akan segera diberhentikan dari posisinya sebagai pelatih.

Manajemen Sriwijaya FC diperkirakan akan mengumumkan pelatih baru pada Jumat (27/9/2024), setelah menyelesaikan proses dengan Jafri Sastra. 

BACA JUGA:Jafri Sastra Dipecat, Manajemen SFC Masih Rahasiakan Calon pelatih Anyar

BACA JUGA:Posisi SFC Makin di Dasar Klasemen Liga 2 Usai Takluk dari Persiraja Banda Aceh


Sriwijaya FC masih berada di papan bawah klasemen sementara Liga 2 Grup A, dan Jafri Sastra akan segera diberhentikan dari posisinya sebagai pelatih.--Foto : ig@sriwijayafc.id

Menurut informasi yang diterima, ada tiga nama yang dipertimbangkan, yaitu Widodo Cahyono Putro, Miftahudin Mukson, dan Jacksen Ferreira Tiago. Dari ketiga nama tersebut, Jacksen F. 

Tiago tampaknya menjadi kandidat terkuat karena reputasinya yang sudah mapan di dunia sepak bola Indonesia.

Jacksen, yang lahir di Rio De Janeiro, Brasil pada 28 Mei 1968, memiliki lisensi kepelatihan Pro Kontinental dan saat ini menjabat sebagai Direktur Akademi Borneo FC. 

Kariernya sebagai pemain di Indonesia dimulai pada tahun 1994 bersama Petrokimia Putra, di mana ia berhasil membawa klub tersebut menjadi runner-up Liga Indonesia pertama.

BACA JUGA:S-MAN Serukan Penggantian Pelatih Sriwijaya FC : Buntut SFC Sering Kalah

BACA JUGA:SFC Gagal di Kandang Dejan FC, Netizen Terus Beri Semangat

Setelah itu, ia bermain di PSM Makassar dan Persebaya Surabaya, di mana ia sukses mengantarkan Persebaya meraih gelar juara Liga Indonesia musim 1996/1997.

Karier kepelatihan Jacksen dimulai pada 2002 di klub Assyabaab Surabaya. Namanya semakin dikenal ketika ia melatih Persebaya Surabaya dan berhasil membawa klub tersebut keluar dari zona degradasi serta menjadi juara Divisi Utama pada musim 2004. 

Jacksen juga pernah melatih beberapa klub lain di Indonesia, termasuk Persipura Jayapura, di mana ia sukses meraih tiga gelar Liga Super Indonesia.

Jacksen juga sempat menjabat sebagai pelatih tim nasional Indonesia pada 2013 saat menghadapi Arab Saudi di kualifikasi Piala Asia AFC 2015.

BACA JUGA: Finishing Pemain SFC Masih Bermasalah, Coach Jafri Sastra Janji Akan Perbaiki

Kategori :