Alasan di Balik Penawaran Bunga Tinggi oleh Bank Digital

Rabu 18-09-2024,11:14 WIB
Reporter : Moes Mulyadi
Editor : Hanida Syafrina

PALTV.CO.ID,- Saat ini, sejumlah bank digital masih menawarkan suku bunga simpanan yang sangat tinggi bagi para nasabahnya.

Beberapa di antara bank digital bahkan memberikan bunga hingga 9% per tahun untuk produk simpanan. 

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dian Ediana Rae, menjelaskan bahwa penawaran suku bunga tinggi ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan bank.

Baik bank konvensional maupun digital, menawarkan suku bunga simpanan yang sangat tinggi agar dapat menarik lebih banyak dana dari masyarakat dan menjaring nasabah baru. 

BACA JUGA:SImak !! Inilah yang membuat kendaraan kamu boros

BACA JUGA:Kelompok Berisiko Tinggi Diwajibkan Vaksinasi Cacar Monyet

Menurutnya, strategi suku bunga ini telah dirancang dengan cermat berdasarkan pertimbangan manajemen likuiditas bank.

Dian mengungkapkan bahwa ada beberapa faktor utama yang dipertimbangkan bank dalam menentukan suku bunga simpanan atau deposito. 

Faktor tersebut antara lain adalah kondisi ekonomi global dan nasional, tingkat persaingan antar-bank, suku bunga acuan, serta premi risiko. Selain itu, bank juga secara rutin melakukan monitoring dan pembaruan suku bunga simpanan mereka untuk tetap kompetitif di pasar. 

Bank akan menyesuaikan strategi mereka sesuai dengan kebutuhan bisnis, target nasabah, serta pengembangan produk, termasuk produk yang melibatkan kerja sama dengan pihak ketiga atau nonbank.

BACA JUGA:Kemenkumham Sumsel Bahas Strategi Rehabilitasi untuk Tahanan dan WBP dalam Diskusi Kebijakan

BACA JUGA:Korupsi Internet Desa Muba, 4 Tersangka Diperiksa Kejati Sumsel Didugaan Tindak Pidana TPPU

Menurut Dian, kenaikan suku bunga di beberapa bank digital tidak bisa dianggap sebagai tren yang pasti di industri perbankan.

Kenaikan ini lebih sebagai salah satu strategi kompetitif untuk menghadapi persaingan antar-bank dan menarik lebih banyak nasabah

Hal ini sejalan dengan pernyataan Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Purbaya Yudhi Sadewa, yang juga menyoroti bahwa penawaran suku bunga tinggi oleh sejumlah bank terkait erat dengan persaingan di sektor perbankan. 

Kategori :