Dari Bandung ke Baturaja Gantungkan Rezeki dari Berjualan Bendera Merah Putih

Selasa 13-08-2024,07:10 WIB
Reporter : Ari Pranika
Editor : Devi Setiawan

OKU, PALTV.CO.ID - Bendera Merah Putih dan umbul-umbul menjadi salah satu pernak-pernik wajib yang harus ada di setiap momen perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Hampir di sepanjang jalan bahkan setiap lorong dan gang terdapat Bendera Merah Putih dan umbul-umbul yang menambah kesan semarak.

Hampir setiap tahunnya menjelang HUT Kemerdekaan RI, permintaan akan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul termasuk pernak pernik lainnya selalu meningkat.

Hal inilah yang dimanfaatkan oleh Ujang (40), seorang pedagang bendera keliling, yang hampir setiap tahunnya selalu berpindah kota untuk menjajakan Bendera Merah Putih dan umbul-umbul.

BACA JUGA:Ratusan Pelajar Berkostum Unik di Ogan Komering Ilir Ramaikan Lomba Gerak Jalan HUT Ke-79 RI

BACA JUGA:Rahasia Juara Tim Basket 3x3 Putri SMP Negeri 1 Palembang dan Boyong Piala Bergilir Walikota Palembang 2024

Pria asal Bandung Provinsi Jawa Barat ini merupakan salah satu dari puluhan pedagang Bendera Merah Putih yang sengaja datang ke Kota Baturaja, Sumatera Selatan, untuk mencari peruntungan melalui berdagang bendera keliling.

Saat ditemui, Ujang mengaku ia tak datang sendiri ke Kota Baturaja, OKU, melainkan ada sembilan orang lainnya.

Menurutnya, berdagang Bendera Merah Putih jelang HUT Kemerdekaan RI memang sudah biasa dilakukan setiap tahunnya.

Bahkan pengalamannya bukan hanya di satu kota saja. Mulai dari Papua hingga Aceh hampir pernah didatanginya untuk menjajakan Bendera Merah Putih maupun suvernir baju kaos pada saat acara Musabaqoh Tilawatil Qur'an.

BACA JUGA:Didampingi Tim Advokasi, Pedagang Pasar 16 Ilir Laporkan Tindak Maladministrasi ke Ombudsman Sumsel

BACA JUGA: Triwulan III, Realisasi Serapan Pajak Palembang Capai 55 Persen

"Setiap tahunnya kita memang berjualan keliling sesuai dengan momen harinya. Kalau sekarang kita jualan bendera. Kadang juga kita jualan kaos dan gantungan kunci saat ada acara besar di daerah-daerah," tutur Ujang.

Dikatakan Ujang, bendera dan umbul-umbul yang dijualnya merupakan hasil industri rumahan di tempat tinggalnya di Bandung, Jawa Barat.

Dengan modal Rp4.000-Rp5.000, ia bisa menjual satu buah Bendera Merah Putih dengan harga Rp20.000 untuk ukuran sedang.

Kategori :