Manjakan Lidah dengan Cita Rasa Prancis, Mencicipi Macaron dan Croissant di Ibu Kota

Minggu 07-07-2024,17:22 WIB
Reporter : Riko Saputra
Editor : Abidin Riwanto

Proses Pembuatan Macaron dan Croissant

Macaron

Pembuatan macaron memerlukan ketelitian dan kesabaran. Pertama, putih telur dikocok hingga berbusa sebelum ditambahkan gula pasir secara bertahap hingga mencapai konsistensi puncak yang kaku. Campuran ini kemudian dilipat dengan tepung almond dan gula halus yang sudah diayak, serta pewarna makanan.

Adonan kemudian disemprotkan ke atas loyang yang dilapisi kertas roti dan didiamkan selama sekitar 30 menit hingga permukaannya kering.

BACA JUGA: Rahasia Sukses Bengkel Mobil Truk di Pedesaan, Strategi Manajemen Tepat untuk Peluang Maksimal

Macaron kemudian dipanggang dalam oven dengan suhu rendah hingga bagian luarnya renyah namun dalamnya tetap lembut. Setelah dingin, dua cangkang macaron diisi dengan ganache, buttercream, atau selai sesuai selera.


Manjakan Lidah dengan Cita Rasa Prancis, Mencicipi Macaron dan Croissant di Ibu Kota-freepik-freepik

Croissant

Pembuatan croissant dimulai dengan adonan dasar yang terdiri dari tepung, ragi, gula, garam, dan susu. Adonan ini kemudian dilaminasi dengan mentega, yaitu proses melipat dan menggulung adonan dengan mentega beberapa kali untuk menciptakan lapisan-lapisan tipis.

Setelah melalui beberapa tahap laminasi, adonan diistirahatkan dan kemudian dipotong menjadi segitiga yang digulung membentuk bulan sabit.

BACA JUGA:Baharudin Percaya Diri Jadi Pemenang Pilkada Palembang 2024 Bersama Yudha Pratomo Mahyuddin

Croissant yang sudah dibentuk ini dibiarkan mengembang sebelum akhirnya dipanggang dalam oven hingga keemasan dan renyah. Hasil akhirnya adalah croissant dengan lapisan luar yang renyah dan dalam yang lembut dan empuk.

Tempat Terbaik Menikmati Macaron dan Croissant di Jakarta

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia, menawarkan berbagai pilihan tempat untuk menikmati kelezatan otentik macaron dan croissant. Berikut adalah beberapa rekomendasi tempat yang wajib dikunjungi:

1. PAUL Bakery

PAUL Bakery adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati kue-kue khas Prancis di Jakarta. Dengan suasana yang otentik dan menu yang beragam, Anda dapat menikmati croissant yang renyah dan berbagai varian macaron yang lezat.

Kategori :