Likuiditas Mengetat, Pasar Uang Antar Bank (PUAB) Semakin Aktif

Minggu 07-07-2024,07:41 WIB
Reporter : Moes Mulyadi
Editor : Hanida Syafrina

Diharapkan PD bisa menjadi pemberi pinjaman terakhir bagi bank non-PD. Saat ini, instrumen dengan cost-benefit terbaik adalah SRBI dengan tenor 6 bulan, 9 bulan, dan 12 bulan, pungkas Edi.

Bank Jatim juga terus mencari instrumen dengan imbal hasil terbaik untuk mengoptimalkan dana menganggur. Corporate Secretary Bank BTN, Ramon Armando, menjelaskan bahwa kenaikan nilai tukar dolar AS membuat perbankan memilih instrumen operasi pasar seperti SRBI dan SVBI untuk stabilisasi nilai tukar. 

Ramon juga menyebut bahwa volume tahunan PUAB di BTN meningkat signifikan, termasuk transaksi GMRA (Repo dan Reverse Repo) yang sesuai dengan kondisi market dan likuiditas bank.

Ia memperkirakan bahwa penempatan di instrumen PUAB akan meningkat secara tahunan, seiring dengan peningkatan transaksi GMRA dan disesuaikan dengan kondisi market dan kebutuhan likuiditas bank.

BACA JUGA:Pengamat Pendidikan di Sumatera Selatan Nilai Pinjaman Online Untuk Bayar UKT Bukan Solusi

Bank BTN akan tetap memprioritaskan fungsi intermediasi sebagai strategi pertumbuhan dan memastikan likuiditas perbankan terjaga sesuai dengan rasio likuiditas yang ditetapkan oleh regulator, agar tidak mengganggu investasi bank.*

Kategori :