Jelang Iduladha, Pemprov Sumatera Selatan Akan Sosialisasikan Juru Sembelih Halal

Minggu 19-05-2024,20:18 WIB
Reporter : Ilham Wahyudi
Editor : Devi Setiawan

PALEMBANG, PALTV.CO.ID – Menjelang Hari Raya Kurban atau Iduladha, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Sumsel, akan melakukan sosialisasi mengenai cara penyembelihan hewan kurban, yang sesuai dengan kaidah atau yang disebut juga dengan Juru Sembelih Halal (Juleha).

Kepala DKPP Sumsel Ruzuan Effendi mengatakan, pihaknya akan mensosialisasikan tata cara penyembelihan hewan kurban, yang sesuai dengan kaidah atau yang disebut Juru Sembelih Halal (Juleha).

“Kita akan mensosialisasikan bagaimana cara penyembelihan hewan yang sesuai dengan kaidah, yaitu Juleha atau Juru Sembelih Halal. Nanti akan ada dari pakar Juleha, pakar kesehatan, pakar higienitas dan juga akan melibatkan MUI," kata Kepala DKPP Sumsel Ruzuan Efendi pada hari Minggu, 19 Mei 2024.

Masih dikatakan Ruzuan Efendi, ke depan seluruh penyembelih atau orang-orang yang berkecimpung di setiap Masjid, akan disediakan satu orang yang memiliki sertifikasi Juru Sembelih Halal tersebut.

BACA JUGA: Waspada Hewan Kurban Bermasalah Pada Kesehatan, Berikut Ini Tipsnya !

BACA JUGA:KPU Palembang Masih Tunggu Pencairan NPHD Tahap Kedua


Ruzuan Efendi, Kepala DKPP Sumsel.-Ilham Wahyudi-PALTV

"Kita akan persiapkan satu orang yang kita didik dan latih, yang mempunyai sertifikat Juru Sembelih Halal," tambahnya.

Sementara itu, Ketua PDHI Sumsel drh Jafrizal mengatakan, harus ada pembinaan khusus serta melakukan sertifikasi tempat yang memadai.

"Harus ada pembinaan yang khusus. Saya juga berharap Pemerintah melakukan sertifikasi sarana-sarana memadai. Sehingga ke depan apabila masjid-masjid yang tidak memiliki sarana yang memadai, bisa dilakukan pembinaan untuk melengkapi sarana tersebut," ujar drh Jafrizal.*

Kategori :